Share

Kanal Banjir Timur Marunda seperti Lautan Busa, Anies : Berasal dari Deterjen Rumah Tangga

Fadel Prayoga, Okezone · Sabtu 24 Maret 2018 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 24 338 1877358 kanal-banjir-timur-marunda-seperti-lautan-busa-anies-berasal-dari-deterjen-rumah-tangga-stPINjQ45r.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Kanal Banjir Timur (KBT) di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara nampak seperti lautan busa. Fenomena aneh itu cukup menyedot perhatian publik. Tumpukan busa itu diduga berasal dari limbah deterjen rumah tangga.

"Dan dari kejadian ini ketika diteliti lebih jauh kebanyakan justru dari limbah deterjen rumah tangga," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (24/3/2018).

Anies menjelaskan, penelitian yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup belum ditemukan asal muasal busa itu berasal dari aktivitas industri di kawasan tersebut. Ia tak akan menutup-nutupi bila nanti memang busa tersebut berasal dari industri.

"Dan dari pantauan sementara belum ditemukan daerah industri," imbuhya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tak membuang sisa pemakaian deterjen ke kali. Sebab, meski penggunaan dalam volume kecil, tapi itu memiliki efek yang amat merugikan untuk alam sekitar.

"Meskipun kita dirumah hanya menggunakan satu baskom dua baskom satu mesin cuci tetapi ketika dikumpulkan ribuan rumah dia menjadi volume deterjen yg luar biasa besar," jelasnya.

Anies mengaku telah memiliki solusi untuk menghilangkan busa itu di kawasan tersebut. Namun, ia tak memberikan penjelasan secara detail ihwal bagaimana caranya.

"Saya sampaikan yang kita butuhkan adalah membereskan polusinya bukan sekadar meniadakan buihnya. Karena ada zat kimia yang bisa dipakai," pungkasnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini