Share

Sandiaga Selidiki Penyebab Munculnya Lautan Busa di Kanal Banjir Timur Marunda

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 26 Maret 2018 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 26 338 1877850 sandiaga-selidiki-penyebab-munculnya-lautan-busa-di-kanal-banjir-timur-marunda-QGwEQfCDFX.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tengah menggali informasi terkait adanya lautan busa di Kanal Banjir Timur, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Meski belum diketahui secara pasti busa tebal tersebut berasal darimana, Ia menduga akibat limbah.

"Saya lagi mencoba mendapatkan laporan yang komprehensif. Pertama diduga itu berdasarkan dari limbah rumah tangga dan kandungan deterjen yang tinggi. Tapi ada beberapa teman-temen menduga memang sekarang di wilayah rumah tangga juga ada home industri seperti laundry, seperti cuci mobil dan itu limbahnya tidak di kelola dulu," kata Sandiaga di Balai Kota, Senin, (26/3/2018).

(Baca Juga: Kanal Banjir Timur Marunda seperti Lautan Busa, Anies : Berasal dari Deterjen Rumah Tangga)

Sandiaga mengungkapkan, pihaknya akan melakukan beberapa pertemuan dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar para pelaku usaha dapat mengelola limbahnya sebelum masuk ke badan air seperti sungai atau pun Kanal Banjir Timur. Terlebih, kata Dia, sebagai tuan rumah Asian Games sehingga dapat mengganggu persiapan.

"Kita harapkan nanti penanganannya bisa lebih komprehensif, kita lihat ini kan sudah mau masuk Asian Games, sudah mau masuk ke periode yang sangat kritikal untuk persiapan. Gangguan-gangguan seperti itu jangan sampai nanti bisa menganggu persiapan daripada Asian Games. Ini menjadi prioritas utama sekarang," tutur Sandiaga.

Diketahui sebelumnya busa berwarna putih itu memenui pintu air Weis 3 Marunda. Busa-busa itu juga menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga meresahkan warga sekitaran lokasi.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini