Ketika Perempuan Bercadar Memelihara 10 Ekor Anjing

Hambali, Okezone · Senin 26 Maret 2018 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 26 338 1878051 ketika-perempuan-bercadar-memelihara-10-ekor-anjing-5w9X21hAft.jpg Seekor Anjing yang Dipelihara Suhesti di Rumahnya, Pondok Benda Residence, Blok B 3 Nomor 9, Pamulang, Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Suhesti (38), perempuan yang tinggal di komplek Pondok Benda Residence, Blok B3 Nomor 9, Jalan Salak, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) ini rela memenuhi pekarangan dan bagian ruang rumahnya dengan berbagai hewan peliharaan. Termasuk 10 ekor anjing liar yang dirawat sejak beberapa tahun lalu.

Meski berasal dari keluarga penganut agama Islam, Suhesti yang ketat berbusana muslimah serta mengenakan cadar tak merasa risih dengan kehadiran 10 ekor anjing di dalam rumah. Bahkan sang suami, Reno (40), mendukung penuh upaya istrinya yang memang sejak 3 tahun lalu mulai menyukai hewan mamalia dengan indera penciuman tajam itu.

Seekor Anjing yang Dipelihara Suhesti di Rumahnya, Pondok Benda Residence, Blok B3 Nomor 9, Pamulang, Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

(Baca Juga: Dianggap Telah Mati, Anjing Peliharaan Muncul Usai Menghilang Selama 10 Tahun)

"Sebenarnya istri suka melihara hewan begini nular dari saya, kalau saya dari kecil suka melihara ayam, burung, kucing. Kalau istri sudah hampir 3 tahunan ini melihara anjing," terang Reno saat berbincang di kediamannya, Senin (26/3/2018).

Diceritakan Reno, jika pada awalnya Suhesti merasa iba saat melihat seekor anjing milik keamanan komplek yang dilepas liar. Karena tak ada lagi yang merawat, anjing berwarna hitam pekat itu kerap keluyuran mengais sampah-sampah untuk mencari makan.

"Itu anjing pertama yang dirawat istri saya, dulunya punya keamanan di komplek ini tapi diliarin gitu aja karena satpamnya pindah keluar. Nah, waktu istri saya kasih makan kucing-kucing, anjing itu datang mau makan juga. Karena kondisinya kurus gak terawat begitu, akhirnya diambil dan dipelihara," jelas Reno.

Selanjutnya, barulah Suhesti mulai menerima banyak anak anjing pemberian warga untuk dipelihara. Bahkan, salah satunya ada yang berasal dari daerah Bogor, Jawa Barat.

Dua ekor anjing berukuran besar dirantai di halaman rumah. Sedangkan 8 ekor anjing berukuran kecil dilepas di suatu ruangan di dalam rumah.

"Semua totalnya sekarang ada 10 ekor, yang 2 sekarang sudah besar, yang 8 ekor masih kecil-kecil, itu pemberian orang karena tahu istri saya suka melihara anjing dan kucing, kalau di rumah kucingnya ada 30an ekor," imbuhnya.

Reno pun tak menampik adanya anggapan sebagian orang yang mempertanyakan hobi istrinya merawat anjing-anjing itu. Meski begitu, dia menegaskan bahwa dalam perawatan anjing, keluarganya tetap berpedoman pada ketentuan ajaran Islam pada hal-hal yang diharamkan.

Seekor Anjing yang Dipelihara Suhesti di Rumahnya, Pondok Benda Residence, Blok B3 Nomor 9, Pamulang, Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

(Baca Juga: Anjing Ini Menumpangi Truk Sejauh 1.500 Kilometer)

"Kalau sebagian orang diluar mungkin nilainya aneh, kok muslim tapi melihara banyak anjing. Tapi kita tetap tahu batasannya, dua putri kami juga sudah kami beri pemahaman tentang itu. Ini kan karena memang kita seneng merawat hewan-hewan saja," tegasnya.

Sayangnya saat ditemui, Suhesti, enggan berbicara kepada sejumlah media lantaran sedang sibuk mengurus hewan peliharaan, setelahnya dia juga direncanakan akan pergi ke daerah Bogor. Suhesti hanya menyarankan waktu berikutnya untuk bisa berbicara lebih jauh tentang hobinya itu.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini