nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Besok, Pemprov DKI Resmi Tutup Hotel Alexis

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 27 Maret 2018 18:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 27 338 1878699 besok-pemprov-dki-resmi-tutup-hotel-alexis-qMZdnm36pZ.jpg Hotel Alexis (foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pihaknya akan resmi melakukan penutupan PT. Grand Ancol alias Hotel Alexis, Jakarta Utara, Rabu, 28 Maret 2018. Penutupan itu ditandai dengan pencabutan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) sejak Kamis, 22 Maret 2018.

Anies menjelaskan, pihaknya memberikan tenggat waktu 5x24 jam untuk melakukan penutupan sejak pencabutan TDUP ditandatangani. Sehingga, besok adalah hari terakhir mereka menjalankan bisnis usahanya.

"Apabila besok belum dilakukan penutupan maka Pemprov DKI akan melakukannya," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (27/3/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menerangkan, kesalahan yang mereka lakukan telah melanggar peraturan daerah 14 nomor 6 tahun 2015. Pihaknya mendapatkan laporan, lalu melakukan investigasi dan ditemukan bukti yang kuat untuk menutupnya.

"Kemudian kita tindak lanjuti, kita lakukan pemeriksaan investigasi lengkap, sumber-sumber sampai pada kesimpulan jadi pelanggaran Perda," imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya menemukan telah terjadi praktek perdagangan manusia yang dilakukan Hotel Alexis. Tapi, pihaknya tak menemukan kalau mereka melakukan jual beli narkoba.

"Bukan narkoba. Narkoba kita tidak lihat tetapi praktek prostitusi, praktek perdagangan manusia ditemukan di situ," pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Satpol PP, Hidayatullah sudah menyiapkan 300 pasukan untuk stand by di sekitaran kawasan Hotel Alexis berkaitan dengan adanya rencana penutupan ini.

“Iya stand by aja. gak tau juga jumlahnya tadi 300 tapi gak sampe kok, enggak boleh banyak banyak,” beber dia.

Lebih lanjut, ia tidak bisa menjelaskan secara rinci mengenai adanya rencana penutupan hotel yang berada di kawasan Jakarta Utara ini. Sebab dirinya hanya diminta untuk melakukan monitor pasukan saja.

“Enggak tau saya, saya enggak ada informasi. Saya disuruh monitor aja,” pungkasnya.

Beredar surat yang berisikan Pemprov DKI Jakarta menutup seluruh unit usaha di Hotel Alexis, Ancol, Jakarta Utara.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini