Share

Pemprov DKI Tutup Hotel Alexis, Anies: Kami Tidak Kirim Pasukan

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 27 Maret 2018 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 27 338 1878730 pemprov-dki-tutup-hotel-alexis-anies-kami-tidak-kirim-pasukan-gShUFcgsRJ.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (foto: Okezone)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan menutup operasi Hotel Alexis, Jakarta Utara pada Rabu, 28 Maret 2018. Dalam menutup tempat hiburan itu, pemerintah daerah tak mengirim pasukan, tapi hanya secarik kertas berupa pencabutan izin Tanda Usaha Daftar Pariwisata (TDUP).

"Ini yang saya ingin tegaskan, kami tidak kirim pasukan, kami kirim secarik kertas," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (27/3/2018).

Melihat Lebih Dekat Ruangan-Ruangan di Hotel dan Griya Pijat Alexis

(Baca Juga: Besok, Pemprov DKI Resmi Tutup Hotel Alexis)

Dalam secarik kertas itu, lanjut Anies, tercantum kalau PT. Grand Ancol Hotel telah melakukan melanggar peraturan daerah nomor 6 tahun 2015. Pihaknya mempunyai bukti kalau mereka melakukan tindakan prostitusi dan perdagangan manusia di tempat tersebut.

"Kita kirimnya selembar kertas yang di situ ada wewenang Pemprov untuk menegakkan Perda," imbuhya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan, dengan kekuatan selembar kertas itu menunjukkan kalau organisasi yang ia pimpin terindikasi sehat. Sebab, kata dia, dalam menegakkan sebuah peraturan tak perlu menggunakan kekuatan fisik.

"Ini bukan organisasi-organisasi yang pakai kekuatan fisik, kita kirimkan surat, suratnya menyatakan bahwa TDUP dicabut, taati perintah ini," tegas Anies.

(Baca Juga: Soal Penertiban Alexis, Anies Imbau SKPD Tutup Mulut)

Anies menjelaskan, ada 6 jenis izinTDUP yang dicabut oleh pihaknya. Di antaranya adalah Hotel, griya pijat, restoran, karaoke, dan musik hidup.

"Semuanya. Karena sesuai dengan Peraturan Menteri Pariwisata bahwa TDUP dijadikan satu untuk berbagai kegiatan pariwisata selama itu berada dalam satu lokasi dan satu manajemen," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini