Ada Pembangunan LRT Cawang-Dukuh Atas, Dishub DKI Akan Lakukan Rekayasa Lalin

Taufik Fajar, Okezone · Jum'at 30 Maret 2018 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 30 338 1880239 ada-pembangunan-lrt-cawang-dukuh-atas-dishub-dki-akan-lakukan-rekayasa-lalin-6r6OHgBRjV.jpg foto: Illustrasi

JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas (Lalin) di sepanjang proyek Light Rail Transit (LRT) Cawang-Dukuh Atas. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kemacetan di Simpang Pancoran, Jakarta Selatan.

Kepala Dishub DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk menggunakan jalur alternatif agar tidak terkena imbas dari proyek LRT itu.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Andri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/3/2018).

Kata dia, pekerja pembangunan LRT Cawang-Dukuh Atas memasuki tahap konstruksi pada segmen yang sejajar dengan Flyover Pancoran sisi Selatan di Jalan MT Haryono.

"Rekayasa di Sisi Barat Simpang Pancoran akan dimulai pada 10 April hingga 30 Juli 2018," tuturnya.

Andri pun menjelaskan rekayasa tersebut, pada sisi Timur Simpang Pancoran Jalan Pancoran Timur 2 bakal dilakukan rekayasa lalu lintas mulai 2 April hingga 30 Juli 2018.

Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Simpang Pancoran, lalu lintas dari Cawang yang akan menuju Kalibata atau Pasar Minggu dapat menggunakan jalan alternatif. Berikut jalan alternatif yang bisa dilalui.

Melalui Jalan Dewi sartika-Jalan Kalibata-Jalan pasar Minggu-dan seterusnya. Kemudian, Jalan pancoran Timur 2-Jalan Pancoran Timur Raya-Jalan Kalibata-Jalan Pasar Minggu-an seterusnya.

Sedangkan yang akan menuju Tebet dapat menggunakan Jalan Otto Iskandardinata-Jalan KH Abdullah Syafei-dan seterusnya.

Dia mengatakan, pembangunan itu merupakan tanggung jawab PT Adhi Karya. "PT Adhi Karya selaku pelaksanaan pembangunan LRT Cawang-Dukuh Atas bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan dan keamanan pengguna jalan (motorized dan unmotorized) di lokasi pelaksanaan pembangunan," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini