Arus Balik Libur Paskah di Tol Jakarta-Cikampek Mulai Padat, Petugas Berlakukan Contraflow

Djamhari, Okezone · Minggu 01 April 2018 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 01 338 1880720 arus-balik-libur-paskah-di-tol-jakarta-cikampek-mulai-padat-petugas-berlakukan-contraflow-jwYzQLQmUC.jpg Ilustrasi Kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek (foto: Okezone)

BEKASI - Arus balik libur panjang Perayaan Paskah di Ruas Tol Jakarta-Cikampek sudah mulai menyebabkan kepadatan luar biasa untuk kendaraan arah Jakarta, pada Minggu (1/4/2018) petang.

AVP Corporate Comunication PT Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru mengatakan, sesuai prediksi pihaknya arus balik libur panjang perayaan paskah terjadi hari ini. Dia memprediksi akan melintas, sebanyak 90 ribu kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek.

(Baca Juga: Puncak Arus Balik Libur Paskah, 90 Ribu Kendaraan Bakal Sesaki Tol Jakarta-Cikampek)

Menurutnya, saat ini kondisi arus lalu lintas di ruas tol terus mengalami peningkatan volume kendaraan yang mengakibatkan kepadatan. Alhasil, petugas telah memberlakukan sistem contraflow guna mengurai kepadatan.

"Saat ini contraflow sudah diberlakukan bagi kendaraan arah Jakarta dari KM 50 hingga KM 35 terhitung, sejak pukul 18.15 wib," kata Dwimawan Heru, Minggu (1/4/2018).

"Contraflow akan kita lakukan hingga kondisi arus lalulintas lancar di jalan tol tersebut. Kami menghimbau, bagi pengendara yang memang hendak melintas di lokasi untuk mencari jalur alternatif," tegas Dwimawan.

Sementara, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengimbau untuk para supir truk agar tak masuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek selama arus balik libur panjang. Dia mengimbau supir untuk masuk ke dalam kantong-kantong parkir yang disediakan.

"Jika masih ada truk yang kedapatan melintas nantinya akan dimasukkan ke dalam kantung parkir," kata Royke, Jakarta, Minggu (1/4/2018).

(Baca Juga: Arus Balik Libur Paskah, Tol Cipali Terpantau Ramai Lancar)

Meski demikian, Royke menyebut selama diberlakukannya peraturan tersebut belum ada penindakan terhadap truk-truk yang melanggar. Dia juga menekankan, apabila ke depannya terdapat pelanggaran tidak menutup untuk dilakukan penyetopan, penghalauan dan penindakan.

Disisi lain, Royke memaparkan bahwa untuk sementara angka kecelakaan selama libur Paskah, tidak ada jumlah yang cukup signifikan. "Bersyukur tidak ada kecelakaan yang menonjol. Ya sejauh ini belum ada laporan kecelakaan signifikan yang kami terima," pungkas Royke.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini