nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Pelototi SKPD yang Serapan Anggarannya Rendah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 02 April 2018 14:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 02 338 1880964 pemprov-dki-pelototi-skpd-yang-serapan-anggarannya-rendah-PMzVxqEdnV.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta akan merotasi kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Hal itu mengingat masa pemerintahan Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan memasuki bulan keenam pada 16 April 2018.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, salah satu indikator pihaknya mencopot kepala dinas akibat serapan anggaran yang rendah. Hal itu menunjukkan kalau mereka tak sanggup mengelola anggaran dalam suatu organisasi.

"Jadi, ini catatan buat kita. Salah satu yang menjadi masukan bahwa kok penyerapannya rendah sekali. Apa ada yang salah di dinas-dinas? Nah, ini yang kita harapkan jadi masukan nanti pas kita melakukan perombakan," ujarnya di Jakarta Pusat, Senin (2/4/2018).

Sandi menuturkan, pihaknya telah membentuk panitia seleksi (pansel) untuk me-review seluruh kinerja dari seluruh SKPD. Ia bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akan memutuskan siapa saja yang akan diganti.

"Kita lagi pelajari masukannya. Terus awal April saya sama Pak Anies mulai duduk untuk me-review," imbuhnya.

(Baca Juga: Sandiaga Minta SKPD Optimalkan Penyerapan APBD)

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya akan mengumumkan rotasi SKPD pada pertengahan April. Ia memastikan akan menempatkan seseorang di tempat yang benar.

"Harapannya sih sekitar pertengahan. Panselnya juga sudah mulai dibentuk. Kemarin sudah ada pertemuan awal pansel," pungkasnya.

Saat ini, penyerapan anggaran DKI hanya mencapai sekitar 8,1 persen dari total anggaran dalam APBD 2018 sebesar Rp71,89 triliun. Lambannya penyerapan anggaran ini menjadi catatan bagi Pemprov DKI untuk merombak SKPD.

(Baca Juga: Serapan APBD DKI Rendah, DPRD: Kalau Besar di Ujung Tahun Rawan Penyimpangan)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini