nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fraksi Gerindra DKI Minta Pemprov Stop Swastanisasi Air

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 02 April 2018 22:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 02 338 1881247 fraksi-gerindra-dki-minta-pemprov-stop-swastanisasi-air-7ev6rPoVCO.jpg Ilustrasi (Dok.Antara)

JAKARTA - Fraksi Gerindra DKI Jakarta meminta Pemprov DKI menyetop kerja sama dengan pihak swasta soal penggunaan air di Jakarta. Mereka ingin pemerintah daerah mematuhi putusan Mahkamah Agung (MA) terkait swastanisasi air Jakarta tersebut.

"Kami meminta Gubernur agar segera mengeksekusi putusan MA Nomor 31 K/Pdt/2017 terkait pengelolaan air di Jakarta oleh swasta," kata Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Fajar Sidik dalam rapat paripurna di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (2/4/2018).

Ia menambahkan, pihaknya ingin PD PAM Jaya memutus kontrak dengan PT Aetra Air Jakarta dan PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja). Menurutnya, bila pemerintah daerah mengembalikan penggunaan air ke PDAM akan mengembalikan rasa keadilan untuk warga.

 (Baca: Soal Penghentian Swastanisasi Air, Anies: Kita Harus Menaati Putusan MA)

"Kita ingin agar dikembalikan sepenuhnya ke PAM Jaya demi keadilan dan kesejahteraan masyarakat," kata Fajar.

Hal senada dikatakan, Ketua Fraksi NasDem Bestari Barus mengatakan, ke depannya pemerintah harus menyediakan pipanisasi ke seluruh wilayah di Jakarta. Kata dia, kini dari seluruh warga Ibu Kota hanya 50 persen yang terpenuhi kebutuhan air bersih.

 (Baca juga: Ada Saran Hentikan Swastanisasi Air, Sandiaga: Itu Masukan yang Baik)

"Fraksi NasDem melihat dari data yang ada, belum sampai 50 % warga Jakarta yang dapat menikmati air bersih karena belum maksimalnya konsentrasi Pemprov DKI menyangkut pengadaan air bersih," pungkasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini