Pelihara 11 Ekor Anjing, Rumah Wanita Bercadar di Tangsel Digeruduk Ibu-Ibu

Hambali, Okezone · Selasa 03 April 2018 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 03 338 1881664 pelihara-11-ekor-anjing-rumah-wanita-bercadar-di-tangsel-digeruduk-ibu-ibu-xRlOipZVlR.jpg Ibu-Ibu Geruduk Rumah Hesti Sutrisno, Perempuan Bercadar yang Pelihara 11 Ekor Anjing di Pamulang, Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN- Kediaman Hesti Sutrisno (38), perempuan bercadar yang tinggal di komplek Pondok Benda Residence, Blok B3 Nomor 9, RT02 RW22, Jalan Salak, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) didatangi warga. Mereka memprotes keberadaan 11 ekor anjing peliharaan di rumah tersebut.

Sekira puluhan ibu-ibu beserta ketua RT setempat mendatangi rumah Hesti pada Selasa (3/4/2018) sore. Upaya itu, disebut sebagai ungkapan kegelisahan dengan adanya 11 ekor anjing dihalaman rumah Hesti.

Ibu-Ibu Geruduk Rumah Hesti Sutrisno, Perempuan Bercadar yang Pelihara 11 Ekor Anjing di Pamulang, Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

(Baca Juga: Ketika Perempuan Bercadar Memelihara 10 Ekor Anjing)

Sempat terjadi perdebatan hangat dalam mediasi antara keluarga Hesti, aktivis dari LSM Garda Satwa Indonesia dan perwakilan warga yang hadir. Beruntung, Ketua RT02, Hasyim Maskur (39), berhasil mencairkan suasana.

"Ibu (Hesti) enggak ngerti dengan keresahan warga di sini, bau dari kotorannya itu benar-benar menyengat bu, kita sudah kasih tahu dari dulu, belum lagi kalau anjingnya dilepas itu ganggu anak-anak disini," keluh salah seorang warga dengan nada meninggi.

Salah seorang warga sekitar, Ami (38), menuturkan kesaksiannya, tiap malam selepas salat Maghrib dan Isya putrinya bernama Syifa kerap dikejar-kejar anjing itu. Begitu sampai rumah, sering kali Syifa selalu datang dengan kondisi menangis ketakutan.

"Kalau habis salat maghrib dan isya, anak saya dikejar anjing itu. Karena kalau sore anjingnya dilepas bergantian. Kita sudah beberapa kali negur, diingetin juga, tetap saja anjingnya dilepas lagi," tutur Ami (38), warga yang tinggal di Blok A2 Nomor 8, Pondok Benda Residence.

Ibu-Ibu Geruduk Rumah Hesti Sutrisno, Perempuan Bercadar yang Pelihara 11 Ekor Anjing di Pamulang, Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

Setelah berdebat panjang, akhirnya disepakati jika sejumlah anjing yang dipelihara dipindahkan dan dibawa oleh LSM Garda Satwa Indonesia. Total ada 7 ekor anjing yang dievakuasi, sedangkan 4 ekor sisanya tetap dirawat di rumah, salah satunya karena kondisi yang lumpuh.

"Alhamdulillah sore ini dicapai kesepakatan, dimana solusinya adalah mengurangi anjing peliharaan bu Hesti disini. Kesepakatannya 7 ekor dibawa, sedang 4 ekor tetap di rumah. Untuk kucing, dari 32 ekor yang ada semuanya akan dilokalisir di dalam rumah, jadi tidak boleh keluar, kalau keluar rumah maka kotorannya harus dibersihkan oleh yang bersangkutan. Ini jalan tengah yang terbaik, karena kita tidak bisa memaksakan kehendak masing-masing," ucap Hasyim Maskur.

Aroma bau kotoran hewan sangat tajam tercium di sekitar rumah Hesti. Bau tak sedap bahkan bisa dirasakan dari jarak puluhan meter sebelum tiba di rumah perempuan bercadar itu.

"Selama ini, kami tidak melihat adanya petugas kesehatan atau lainnya yang rutin mengecek kondisi hewan-hewan bu Hesti. Jadi enggak bisa diprediksi juga, bagaimana kesehatan hewan itu, apa dampak dari aroma bau kotorannya, itukan harus diperhatikan juga," imbuh Hasyim.

Beberapa Ekor Anjing Hesti Sutrisno LSM Garda Satwa Indonesia (foto: Hambali/Okezone)

Warga menyebut, kepedulian Hesti terhadap anjing peliharaannya harus pula diimbangi dengan hak masyarakat sekitar yang terganggu dengan keberadaan hewan-hewan tersebut.

(Baca Juga: Dianggap Telah Mati, Anjing Peliharaan Muncul Usai Menghilang Selama 10 Tahun)

"Lingkungan komplek seperti ini kan terbatas, jadi bukannya kita melarang orang untuk memelihara hewan, tapi harus disesuaikan juga dengan kondisi lingkungan dan tetangga sekitar. Ini sudah klimaks, karena sebelum-sebelumnya nggak pernah ditanggapi teguran kita," terang Damayanti, warga lainnya di komplek Pondok Benda Residence.

Aktivitas Hesti yang memelihara 11 ekor anjing di rumahnya sempat ramai diberitakan beberapa waktu lalu. Ketika itu, Hesti menyampaikan bahwa hobinya merawat hewan mamalia berpenciuman tajam tersebut tak pernah dipermasalahkan tetangga sekitar.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini