nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies-Sandi Gagas Taman Maju Bersama Pengganti RPTRA, Ini Keunggulannya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 04 April 2018 07:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 04 338 1881811 anies-sandi-gagas-taman-maju-bersama-pengganti-rptra-ini-keunggulannya-BVs14BF66e.jpg Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pihaknya tetap membangun ruang terbuka hijau dalam masa pemerintahannya lima tahun ke depan. Sebelumnya, bernama ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA), kini diganti menjadi Taman Maju Bersama. 

Anies menuturkan, Taman Maju Bersama berfungsi sebagai ruang publik, tempat bermain ramah anak, perpustakaan, berolahraga, dan bersosialisasi. Pembangunannya sebagai upaya pihaknya mewujudkan kebahagiaan bagi warga Ibu Kota. 

"Karena itulah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengembangkan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar," kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018). 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, komponen utama dari pembangunan Taman Maju Bersama adalah melibatkan komunitas sekitar dalam pemanfaatan dan pengelolaannya sehingga terjadi interaksi sosial.

"Dengan demikian, pembangunan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar tidak hanya ditujukan untuk peningkatan ruang terbuka hijau, namun juga memfasilitasi interaksi sosial penduduk setempat secara bottom up alih-alih top-down," kata Anies.

(Baca juga: Pembangunan RPTRA Dihientikan, Anies-Sandi Disarankan Tetap Perbanyak Ruang Terbuka Hijau)

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, Pemprov DKI punya komitmen kepada kelurahan yang belum memiliki ruang terbuka hijau (RTH) maupun ruang terbuka yang ramah anak. Untuk itu Ia akan selalu membuka dialog dengan segenap pemangku kepentingan, baik masyarakat maupun pemerintah untuk mewujudkan itu.

"Sekarang kita lihat misalnya di pemerintah ada keterbatasan pengadaan lahannya, kita mau buka juga kepada pihak pihak lain, dari privat, kelompok masyarakat, maupun dunia usaha yang bisa juga nanti bekerjasama dengan kita, tapi bisa juga BUMN, kan banyak lahannya BUMN di sekeliling Jakarta, BUMD, untuk sementara di mana kita lagi mendata dan mengumpulkan sebuah effort pengadaan RPTRA ini, mereka yang sudah menguasai lahan tersebut bisa menyediakan," kata Sandi, Kamis 8 Maret 2018.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini