nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandiaga: Pembangunan Waduk Rorotan Harus Segera Dieksekusi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 14:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 05 338 1882493 sandiaga-pembangunan-waduk-rorotan-harus-segera-dieksekusi-ByUgQuvAfX.jpg Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Dok Okezone)

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, pihaknya telah memerintahkan Sekda DKI Jakarta Saefullah untuk segera melanjutkan pembangunan waduk Rorotan, Cakung, Jakarta Timur. Sebab, itu merupakan salah satu solusi untuk menangani banjir di Ibu Kota.

“Saya telah memerintahkan untuk segera di eksekusi pembangunannya. Dan sudah berkoordinasi dengan pak Sekda (red-Saefullah) untuk segera menuntaskankannya,” tegas Sandiaga di Balaikota, Kamis (5/4/2018).

Politikus Partai Gerindra itu melanjutkan, pihaknya meminta kepada Saefullah untuk segera melaporkan permasalahan yang ada di sana, sehingga nanti bisa dicari solusi bersama terkait mangkraknya pembangunan tersebut.

(Baca: Sandiaga Uno: Kehadiran Taman Maju Bersama Tak Ganggu Pembangunan RPTRA)

"Saya juga telah meminta untuk mempelajari permasalahannya. Dan saya tekankan pembangunan harus dilanjutkan,” ucapnya.

Menurutnya, dengan kedalaman 8 meter dan luas mencapai 25 hektar, jutaan kubik air dapat tertampung di sarana ini. Tak hanya itu, dengan beroperasinya waduk ini setidaknya dampak banjir di tiga wilayah yaitu Cakung, Rorotan dan Cilincing bisa diminimalisir.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, William Yani mengatakan, sudah tiga tahun pembangunan itu dibiarkan terbengkalai oleh Pemprov DKI Jakarta. Padahal, Mahkamah Agung (MA) sudah menguatkan putusan bahwa lahan seluas 25 hektare yang digunakan untuk membangun Waduk Rorotan Cakung adalah milik Pemprov DKI.

(Baca juga: Anies-Sandi Gagas Taman Maju Bersama Pengganti RPTRA, Ini Keunggulannya)

“Sebelumnya memang Komisi A merekomendasikan untuk menghentikan sementara pembangunan. Setelah adanya warga yang mengklaim atas lahan itu. Tapi setelah adanya putusan MA seharusnya pembangunan waduk bisa dilanjutkan,” kata Willi di DPRD DKI, Selasa 3 April 2018.

Ia berharap, pemerintah daerah segera menyelesaikan pembangunan tersebut. Sebab, pihaknya meyakini itu dapat menuntaskan persoalan banjir di Cakung.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini