nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Imbau SKPD Susun Jadwal Pembangunan Tak Terbentur Agenda Politik

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 18:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 11 338 1885309 anies-imbau-skpd-susun-jadwal-pembangunan-tak-terbentur-agenda-politik-H9IL5Dlpza.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pidato di Musrenbang RKPD. Foto Okezone/Fadel Prayoga

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengimbau kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar menyusun jadwal pembangunan tak terbentur dengan agenda politik.

Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi DKI Jakarta untuk menyusun rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) di di Balairung, Balai kota, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2018).

"Kadang-kadang kita bekerja dengan jadwal ya, jadwal kampanye, jadwal pilkada, jadwal pemilu. Jadwal pembangunan beda dengan jadwal politik. Kalau kita jadikan satu, jadwal pembangunan dijadikan satu dengan siklus politik, maka pembangunan akan kacau,” ucap Anies.

Ia berharap Musrenbang menghasilkan output untuk pembangunan di 2019. Sehingga masyarakat bisa merasakan pembangunan yang dikeluarkan dengan dana dari pemerintah.

"Saya berharap Musrenbang ini benar-benar jadi sebuah musyawarah yang memiliki output pada RKPD yang lebih untuk 2019," kata dia.

Anies pun menyadari proses pembangunan memiliki tahap dan tidak mungkin selesai dalam satu tahun.

"Tidak mungkin semua selesai dalam satu tahun, tapi bila arahnya benar, maka proses pembangunan lama pun bisa dilakukan," ucap Anies.

Anies mencontohkan, perencanaan yang tidak benar membuat pembagunan Candi Borobudur menjadi sangat lama.

Kita punya contoh di Jawa Tengah ada (Candi) Borobudur. Borobudur diselesaikan 120 sampai140 tahun. Kalau ikut pilkada setiap bangun fondasi yang pemilu berikutnya diganti, nggak pernah jadi tuh barang. 120 sampai 140 tahun lamanya," pungkasnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini