Anies Imbau Orangtua Ajak Anak ke Museum dan Ikuti Kegiatan Seni Serta Olahraga

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 12 April 2018 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 12 338 1885882 anies-imbau-orangtua-ajak-anak-ke-museum-dan-ikuti-kegiatan-seni-serta-olahraga-cP7BBhOFNg.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berfoto bersama siswa SD 5 Grogol Utara. Foto Okezone/Fadel Prayoga

JAKARTA - Siswa-siswi dari Sekolah Dasar (SD) Negeri 5 Grogol Utara mengerumuni ruangan Balairung, Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat pada Kamis (12/4/2018). Kedatangan mereka dibawa oleh Bidadari Indonesia, lalu disambut hangat oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Anies mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah dari Bidadari Indonesia yang membawa anak-anak SD itu mengunjungi Museum Wayang dan Museum Fatahillah. Dengan begitu, mereka dapat lebih mengenal lingkungan sekitar dan mempelajari rekam jejak sejarah Indonesia.

"Kita senang sekali anak-anak datang ke sini melihat suasana di Balaikota tapi yang lebih penting adalah kesempatan luar sekolah jadi mereka pergi ke Museum Wayang ke Fatahillah dan kemudian kita ingin lebih banyak mengalami exposure (jelajah-red) atas dunia luar sekolah," kata Anies di lokasi.

Anies menambahkan, sekolah harus membuat anak didik menjadi bahagia. Karena, dengan begitu mereka dapat menyerap ilmu dari yang telah disampaikan oleh gurunya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh orang tua agar anaknya tak selalu dipaksa untuk belajar di bidang akademik saja. Sebab, menurutnya, kecerdasan seorang anak itu tak hanya diukur dari seberapa pintar mereka di sekolah.

Anies menyarankan agar para orang tua juga membimbing anaknya untuk mengikuti kegiatan kesenian dan olahraga. Sehingga, nanti mereka bisa menunjukkan masing-masing bakatnya.

"Buat anak-anak juga saya garis bawahi ikut kegiatan olahraga kesenian dan di ruang sekolah jadikan sekolah ini tempat penumbuhan semua aspek," ujar Anies.

Sementara itu, Ketua Umum Bidadari Indonesia, Monica Hariyanto mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menginisiasi kembali 'Gerakan Ayo ke Museum'.

"Kita ingin menginformasikan kepada siswa-siswi bahwa belajar sejarah dan tentang alam sekitar bisa dilakukan di museum," kata Monica.

BACA: Anies Imbau SKPD Susun Jadwal Pembangunan Tak Terbentur Agenda Politik

Monica menjelaskan, gerakan tersebut disambut baik orang nomor satu di Ibu Kota. Bahkan, secara keseluruhan gerakan tersebut didukung Pemerintah daerah.

"Untuk transportasi didukung langsung Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang menyediakan transportasi ke museum," pungkasnya.

Sekadar informasi, Gerakan 'Ayo ke Museum' diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program Ayo ke Museum ini melibatkan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jendral Kebudayaan.

Program ini berlangsung sejak tahun 2008 sebagai bentuk mendukung pelestarian museum di Indonesia. Program ini bertujuan mengajak masyarakat mengenal budaya bangsa dan sejarah.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini