DPRD Ungkap Menurunnya Kinerja Kadis Perumahan DKI

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 19 April 2018 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 19 338 1888603 dprd-ungkap-menurunnya-kinerja-kadis-perumahan-dki-vEfN80xk1s.jpg Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Agustino Darmawan. Foto Berita Jakarta

JAKARTA – Buruknya kinerja kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Agustino Darmawan dalam beberapa bulan terakhir memancing amarah Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik. Alhasil, ia langsung merekomendasikan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mencopot Agustino dari jabatannya.

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Iman Satria menyebut kinerja Agustino tak memuaskan lantaran ia kerja tak didukung oleh bawahannya. Sehingga, bila Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan selalu menegurnya, karena tak pernah bisa menyelesaikan tugas yang diberikan secara tepat waktu.

Iman mengaku telah mengajak berdiskusi Agustino untuk mencari tahu penyebab menurunnya kinerja beliau. Ia menjelaskan, pernah suatu waktu Agustino bercerita bahwa anak buahnya itu tak pernah membantunya ketika diberikan tugas oleh gubernur.

“Saya enggak di-support (dukung-red) pak. Saya tidak tahu ada intrik apa di dalam. Mungkin di belakang ada orang yang mengincar posisi saya, mengingat saya sebentar lagi pensiun,” kata Iman menirukan ucapan Agustino saat dihubungi, Kamis (19/4/2018).

(Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Iman Satria. Foto Berita Jakarta)

Ia menduga jajaran kepala bidang di dalam Dinas Perumahan dan Permukiman ada yang tak ingin menduduki jabatan Agustino, tapi dengan cara curang, yaitu enggan membantu pimpinannya. Sehingga beberapa program yang diminta oleh Anies-Sandi kepada Agustino tidak pernah siap.

“Pak Agustino sepertinya kurang mendapatkan support dari bawahannya, dari jajaran kabid-kabidnya. Saya tidak tahu apakah karena komunikasi yang kurang baguskah, atau ada masalah internal, yang saya tidak tahu,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik meminta kepada Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno untuk mencopot jabatan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Agustino Darmawan dan Kepala Dinas Pendidikan Sopan Adrianto.

KPK Periksa M Taufik

Menurutnya, kedua dinas itu tak berkomitmen kepada pemimpinnya, sehingga sudah sewajarnya mereka tak menempati pucuk pimpinan dua lembaga tersebut. Pihaknya heran kedua lembaga itu tak mengerti dari rencana program yang mereka konsepkan.

"Misal dinas perumahan, dinas perumahan menurut saya harus segera (dievaluasi). Waktu kita tanya di rapat RPJMD, masa nggak paham apa yang dia mau lakukan, ya berhenti aja. Kemudian saya kira dinas pendidikan juga harus diganti. Semangatnya enggak ada,” kata Taufik.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini