Sandiaga Akan Kembali Buka Jalan Jatibaru, Asal Pembangunan Skybridge Aman

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 26 April 2018 23:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 26 338 1891896 sandiaga-akan-kembali-buka-jalan-jatibaru-asal-pembangunan-skybridge-aman-gp3JK6ZNkk.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno berencana membuka kembali Jalan Jatibaru, Jakarta Pusat jika kontraktor memastikan pembangunan skybridge aman. Hal itu dilakukan untuk menunjang penataan Tanah Abang tahap kedua.

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan, dibukanya Jalan Jatibaru itu kembali diserahkan kepada pihak kontraktor. Asalkan, desainnya memang mendukung untuk dibuka, maka pemerintah daerah akan kembali membuka kawasan tersebut.

(Baca Juga: Sandi Tegaskan Penutupan Jalan Jatibaru Tak Melanggar Hukum)

"Kalau kontraktornya bisa mendesain yang aman begitu. Artinya bisa dilewati, sementara atasnya dibangun," kata Sandi di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2018).

Sopir Angkot Minta Anies Baswedan Evaluasi Kebijakan Tutup Ruas Jalan Jatibaru Sopir Angkot Minta Pemprov DKI Evaluasi Kebijakan Tutup Ruas Jalan Jatibaru (foto: Okezone)

Rencana dibukanya jalanan itu, lanjut Sandi, untuk menjaga keselamatan masyarakat yang berseliweran di Tanah Abang. Ia tak ingin melihat ada warga Ibu Kota yang menjadi korban akibat tertimpa puing-puing dari pembangunan sky bridge.

"Keselamatan itu faktor utama. Jangan dipaksakan dibuka, terus nanti ada yang ketiban selagi dibangun," jelasnya.

Sandiaga sedikit membocorkan konsep dari penataan Tanah Abang fase kedua itu. Kata dia, pihaknya mengurungkan rencana untuk merekolasi pedagang Blok G ke parkiran Blok F. Mereka merasa kalau di sana itu bukan tempat yang strategis untuk berjualan.

Pemprov DKI, lanjut dia, telah menemukan solusi sebuah tempat yang bisa menambah pundi-pundi pemasukan para pedagang. Pemerintah daerah memutuskan untuk memindahkan ke parkiran Blok G. Nantinya, di sana akan terbangun 500 kios.

(Baca Juga: Sandiaga: Pembukaan Jalan Jatibaru Tunggu Proyek Skybridge Selesai)

"Ini bentuk dari kebijakan publik yang partisipatif. Teman-teman waktu itu menyampaikan ke saya berkali-kali, (parkiran Blok F) jauh, tempat jin buang anak, dan lain sebagainya," ujar dia.

Pembangunan sky bridge akan menelan anggaran sekira Rp50 miliar. Proyek itu direncanakan mulai berlangsung usai Lebaran. Pembangunan ditargetkan akan selesai dalam waktu tiga bulan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini