nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbitkan Pergub Baru, Anies Kini Bisa Pilih Langsung Direksi BUMD Jakarta

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 28 April 2018 09:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 28 338 1892347 terbitkan-pergub-baru-anies-kini-bisa-pilih-langsung-direksi-bumd-jakarta-59276GPDDy.jpg Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Antara)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengeluarkan peraturan yang memungkinkan dirinya menunjuk langsung direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tanpa melalui proses seleksi. Hal itu tertuang dalam Pergub Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Direksi BUMD dan Perusahaan Patungan.

“Prinsipnya adalah kita akan kelola BUMD kita dengan profesional, dengan baik, kemudian prinsip-prinsip good governance juga diterapkan di situ,” kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, kemarin.

Anies mengubah tata cara pengangkatan calon direksi BUMD yang berasal dari kalangan orang perseorangan seperti yang tertera dalam Pergub Nomor 180 Tahun 2015.

Dalam Pergub Nomor 5 Tahun 2018, di Pasal 5 poin f disebutkan bahwa calon orang perseorangan (di luar pejabat direksi dan karyawan BUMD) diusulkan gubernur.

Meski begitu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan kalau pihaknya tetap melakukan proses seleksi, melihat rekam jejak saat menunjuk seseorang menjadi direksi BUMD.

Anies-Sandi (Fakhri/Okezone)

“Tetep ada panitia seleksi. Ada review. Ada review atas kompetensi semuanya disiapin,” tegasnya.

Pergub Nomor 5 Tahun 2018 ditandatangani 24 Januari 2018 dan berlaku sejak 30 Januari 2018. Ia memastikan akan melakukan seleksi secara ketat dan melihat kompetensi seseorang yang nantinya dipilih.

“Yang penting adalah pada prosesnya ada proses seleksi yang baik. Ada yang benar. Itu penting,” tukasnya.

Sementara Pemprov DKI kini masih mencari orang yang akan dijadikan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Dharma Jaya, setelah Marina Ratna Dwi Kusumajati mengundurkan diri.

Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengatakan dirinya dan Anies sudah menerima surat pengunduran diri Marina dan sekarang lagi dicari pengganti. Beberapa sudah dikantongi Pemprov DKI dan masih diseleksi oleh panitia.

“Kami sedang lihat assessment-nya. Salah satu masalah juga dengan Dharma Jaya kan dia jualan babi, jadi itu ada beberapa orang yang tertarik," jelasnya. "Pansel itu juga melakukan assessment, dan itu kami lakukan pemilihan berdasarkan kinerja."

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini