nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Video Ayah Tendang Anak, KPAI: Itu Perilaku di Luar Kontrol

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 28 April 2018 14:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 28 338 1892384 video-ayah-tendang-anak-kpai-itu-perilaku-di-luar-kontrol-8MLP4sa0K4.jpg ilustrasi.

JAKARTA – Masyarakat dihebohkan dengan beredarnya video yang menampilkan adanya adegan kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh seorang ayah. Peristiwa itu itu terjadi di tempat bermain anak atau playground Mall Kelapa Gading Jakarta Utara.

Dalam tayangan video yang beredar di media sosial, seorang pria dewasa itu menendang seorang anak laki-laki lantaran anak perempuannya tidak sengaja tertabrak ayunan dari bocah pria tersebut.

Komisioner Bidang Trafficking dan Eksploitasi Anak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Ai Maryati Solihah menilai, sikap yang dilakukan oleh orangtua perempuan tersebut tidak sepantasnya dilakukan. Apalagi, anaknya terjatuh bukan karena disengaja oleh anak yang ditendang punggungnya itu.

"Ini perilaku di luar kontrol. Seorang dewasa seharusnya punya kontrol emosi apalagi pengendalian untuk bertindak fisik pada anak di bawah umur, pentingnya parenting skill untuk melindungi anak," kata Ai saat dikonfirmasi Okezone terkait viralnya video tersebut, Jakarta, Sabtu (28/4/2018).

Ai menuturkan, karena insiden ini membuat resah dan anak-anak yang menjadi korban. Menurutnya, KPAI akan membuka kemungkinan untuk melakukan mediasi terhadap kedua orangtua tersebut.

Menurut Ai, seharusnya orangtua juga melakukan pengawasan terhadap anak apabila sedang beraktivitas di playground. Meskipun dirasa aman, kata Ai, arena bermain juga bisa menyebabkan kecelakaan terhadap anak apabila tidak dilakukan pengawasan yang ketat terhadap anak.

"Tidak lengah dengan barang lain atau keperluan lain karena dikhawatirkan terjadi insiden atau hal tak diinginkan. Pada case ini anaknya tersenggol ayunan anak lagi. Itu hal yang perlu dicegah jika orangtua fokus pada anak," papar Ai.

Sementara itu, Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara, Kompol Pujiyarto, menyebut orangtua korban yang ditendang, tadi malam sudah membuat laporan awal terkait insiden penendangan tersebut.

"LP (laporan)-nya dibuat Polsek (Kelapa Gading). Untuk laporan sementara di Polsek," kata Pujiyarto saat dikonfirmasi Okezone terpisah.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini