nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayi dan Ibu Napi Teroris Ikut Dievakuasi ke Lapas Nusakambangan

Badriyanto, Jurnalis · Kamis 10 Mei 2018 12:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 10 338 1896661 bayi-dan-ibu-napi-teroris-ikut-dievakuasi-ke-lapas-nusakambangan-OeJN7BXdjU.jpg Korban kerusuhan teroris di Mako Brimob (Foto: Antara)

DEPOK - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Muhammad Iqbal menyampaikan, kondisi Rutan Mako Brimob, Depok dipastikan aman terkendali, semua nara pidana teroris (napiter) termasuk napiter perempuan dan bayinya sudah dievakuasi ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

"Iya (ibu sama bayinya). Saat ini perjalanan Nusakambangan," kata Iqbal di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018).

 (Baca: BIN: Kerusuhan di Mako Brimob Tak Ganggu Stabilitas Keamanan Nasional)

https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 10 519 1896649 pasca-kerusuhan-di-mako-brimob-polda-jatim-siaga-1-sgZj8nZsZj.jpg

Menurut Iqbal, setidaknya ada 155 yang dievakuasi ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Para napiter itu mulai diangkut pada pagi tadi dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian, polisi juga telah menyiapkan jalur khusus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Proses evakuasi dilakukan setalah tim negosiasi berhasil membujuk para napiter. Awalnya ada 145 napiter yang menyerahkan diri, sementara 10 napiter lainnya masih keras kepala tidak mau tunduk terhadap polisi. Namun setelah petugas masuk ke Rutan menggunakan metode approach akhirnya takluk.

 (Baca juga: Pasca Kerusuhan di Mako Brimob, Polda Jatim Siaga 1)

"Awalnya 145 menyerahkan diri, 10 masih di dalam, tapi dengan ultimatum petugas masuk, ledakan itu adalah teknik dari kita dan mereka nyerah. 155 sudah kita pindahkan, kita siapkan jalur dengan pengawalan ketat, siapkan jalur khusus," pungkasnya.

 

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini