Share

Tutut Penyebab Keracunan Massal di Bogor Postif Mengandung Bakteri

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Rabu 30 Mei 2018 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 29 338 1904243 tutut-penyebab-keracunan-massal-di-bogor-postif-mengandung-bakteri-K5K0LgaGDb.jpg Korban keracunan tutut di Bogor. (Foto: Putra Ramadhani Astyawan/Okezone)

BOGOR – Makanan olahan tutut (keong sawah) yang menyebabkan puluhan warga di Kampung Sawah, Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, keracunan, positif mengandung beberapa bakteri.

Kabid Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Budi Santoso mengatakan, bakteri diketahui usai uji sampel tutut di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bogor.

"Hasil uji lab tersebut menunjukkan di dalam olahan tutut yang sudah matang itu mengandung tiga jenis bakteri, yaitu escherichia coli (e.coli), salmonella, dan shigella," kata Budi, Selasa (29/5/2018).

Selain itu, lanjut Budi, dalam air rebusan makanan olahan keong sawah yang sudah matang tersebut juga terbukti mengandung coliform dan logam.

"Akibatnya, jika bakteri-bakteri tersebut masuk ke tubuh manusia akan menimbulkan reaksi mual, muntah, diare, hingga dehidrasi. Bahkan, coliform bisa mencetus terjadinya kanker pada manusia," jelasnya.

 

Untuk itu, pihaknya berpesan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih menu hidangan untuk berbuka puasa. Dinkes Kota Bogor pun akan memberikan penyuluhan terkait keamanan pangan.

"Kita terus akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang keamanan dalam mengonsumsi makanan, apalagi bulan Ramadan ini. Jangan asal memilih makanan untuk buka puasa," pungkasnya.

(Baca Juga : Jumlah Korban Diduga Keracunan Tutut Bertambah, Pemkot Bogor Tetapkan KLB)

Seperti diketahui, sekitar 89 warga di Kampung Sawah, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat diduga mengalami keracunan makanan tutut pada Jumat 25 Mei 2018.

Rata-rata, mereka mengalami gejala seperti mula, muntah hingga diare hebat. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pun Telah menetapkan status kasus keracunan ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

(Baca Juga : Polisi Tetapkan 3 Tersangka Kasus Keracunan Tutut di Bogor)

Sementara itu, Polresta Bogor Kota telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Mereka berinisial J (54), Y (52), dan S (55). Polisi juga telah melakukan penahanan terhadap ketiganya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini