Anies: Zakat Punya Efek Membereskan soal Ketimpangan

Muhamad Rizky, Okezone · Kamis 31 Mei 2018 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 31 338 1905090 anies-zakat-punya-efek-membereskan-soal-ketimpangan-2YO8eoFjWQ.jpg Anies Baswedan. Foto Okezone

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan zakat mempunyai imbas kebaikan dalam merubah ketimpangan di masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat acara penyerahan zakat, infak, dan sedekah BAZIS DKI di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (31/5/2018).

Anies menyampaikan peran zakat sangat penting bagi penyeimbang. "Zakat punya efek pada membereskan soal ketimpangan, menghadirkan keadilan itu lebih penting. Jadi kita berharap mudah-mudahan lebih besar perhatian apalagi di Jakarta ini," kata Anies.

Ia menjelaskan, pengelolaan zakat kurang mendapat perhatian jika dibandingkan dengan manajemen perbankan Islam dan manajeman keuangan Islam. Padahal, kata Anies, peran zakat sangatlah besar.

Anies Baswedan. Foto/Okezone

"Kadang-kadang kita melihat perkembangan wacana tentang manajemen keuangan Islam, manajemen perbankan Islam mendapat perhatian cukup besar, sementara pembicaraan mengenai manajemen zakat seringkali tidak mendapat perhatian cukup," tuturnya.

"Padahal zakat ini potensinya luar biasa besar. Dan bila kita mengembangkan kajian yang serius tentang pengelolaan zakat, maka insyal Allah efeknya akan besar untuk keseimbangan, karena fungsi dari zakat adalah untuk melakukan equaliser (penyeimbang). Menyeimbangkan," tambahnya.

Tekan Tombol, Gubernur Anies Baswedan Buka Jakarta Fair 2018

Mantan Menteri Pendidikan itu juga membandingkan antara zakat dan bayar pajak merupakan dua hal yang berbeda. Sebab dalam pajak seseorang tidak mengatur siapa yang menjadi penerima sementara zakat sebaliknya.

"Yang membedakan zakat dengan pajak, kalau pajak itu besarannya ditentukan tapi penerimanya tidak ditentukan. Sementara kalau zakat besarannya dan penerimanya," terang Anies.

''Saya juga berharap perhatian kepada manajemen zakat bisa ditingkatkan. Zakat ini bagian dari rukun Islam dan di dalam Alquran disebutkan tidak kurang dari 24 kali perintah untuk menegakkan salat dan menunaikan zakat. Karena itu ini adalah satu ibadah yang penting dan kita berharap perhatiannya diberikan lebih besar," tutupnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini