nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandiaga: Mencuri Penutup Saluran Air di Underpass Mampang Sungguh Tak Pancasilais

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 01 Juni 2018 15:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 01 338 1905431 sandiaga-mencuri-penutup-saluran-air-di-underpass-mampang-sungguh-tak-pancasilais-kNqSybHqpW.jpg Sandiaga Uno. (Foto: Rizky/Okezone)

JAKARTA - Wakil Gunernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri acara sosialisasi Pancasila di Kampung Betawi, Situ Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di hari kelahiran Pancasila ini, Sandi menekankan pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Ia menyinggung soal hilangnya 25 penutup saluran air (steel grating) di underpas Mampang yang dicuri. Menurutnya, aksi tersebut tak menunjukkan sikap 'Pancasilais'. "Nyabut penutup gorong-gorong itu bukan pancasilais," singgung Sandiaga saat berpidato.

Menurut Sandi, sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia, Pancasila penuh dengan nilai. Aksi mencuri penutup saluran tersebut menurutnya adalah sikap yang mencederai nilai-nilai Pancasila.

Sandiaga Uno. Foto: Rizky/Okezone

"Jelas bahwa Pancasila itu penuh dengan nilai-nilai empati, nilai-nilai kepedulian, nilai-nilai berbagi, mengambil penutup saluran air di Mampang Kuningan yang baru saja diresmikan itu sangat tidak pancasilais," sindirnya.

(Baca juga: Sandiaga Minta Pencuri Penutup Saluran Air Underpass Mampang Ditindak Tegas)

Apalagi menurut Sandi, tindakan oknum yang telah mencuri pentutup saluran air itu bisa membahayakan orang lain. "Jadi aktualisasi seperti apa yang kita inginkan adalah, masyarakat mengerti kalau dia pancasilais dia mengerti aksinya itu membahayaka  keselamatan pengguna jalan, terutama yang mengendarai motor, mobil, sepeda, itu berbahaya sekali apalagi kalo penerangannya tidak cukup. Bukan hanya itu, itu bukan hak dia, ini insfrastruktur publik," kata dia.

Underpass Mampang. Foto: Ist

"Jadi nilai-nilai Pancasila itu harus kita aktualisasi dalam diri kita ini yang menjadi pekerjaan rumah kita," simpulnya.

Dalam acara tersebut turut hadir juga Panglima Kodam Jaya Jayakarta Joni Supriyanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono serta Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini