nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemudik Bisa Titipkan Motor di Kantor Kelurahan saat Lebaran

Badriyanto, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 15:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 05 338 1906838 pemudik-bisa-titipkan-motor-di-kantor-kelurahan-saat-mudik-lebaran-vHQQXHT8E1.jpg Anies Baswedan. (Foto: Badriyanto/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menyiapkan tempat penitipan sepeda motor di setiap kantor-kantor kelurahan. Masyarakaat Ibu Kota yang ingin mudik saat lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah diperolehkan menitipkan kendaraannya ke kantor kelurahan setempat agar aman dari maling.

"Setiap kantor Kelurahan akan siap untuk jadi tempat penitipan motor," ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan usai hadiri video concerence terkait persiapan mudik lebaran Idul Fitri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Anies melanjutkan, pihaknya sengaja menyediakan tempat penitipan agar masyarakat tidak perlu membawa kendaraan saat pulang kampung. Motor yang ditittipkan ke kelurahan juga lebih mudah diawasi dibandingkan di rumah masing-masing warga.

Anies Baswedan. Foto: Badriyanto

"Bila mereka pulang enggak bawa kendaraan motor, kantor-kantor lurah akan siap jadi tempat penitipan," imbuh Anies.

(Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Polda Metro Jaya Luncurkan Program 'Berteman Jakarta')

Menurut Anies, berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak kepolisian, Jakarta dipastikan aman selama mudik lebaran. Sudah ada personel polisi yang akan patroli khusus memantau rumah kosong karena ditinggal mudik pemiliknya.

Anies mengungatkan agar warga yang pulang kampung untuk betul-betul memastikan rumah yang ditinggal dalam keadaan terkunci, listrik dan kompor dalam keadaan mati. Warga yang pulang kampung juga dilanjurkan melapor ke RT atau RW setempat agar bisa didata dan dilakukan pengawasan.

"Dalam diskusi kita (dengan polisi) disimpulkan perlunya penguatan pengawasan di level wilayah terutama RT dan RW bahwa kewajiban lapor 1 kali 24 jam ditaati," tukasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini