Pengacara Danick Sebut Laporan Balik Habiburokhman Lucu

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 22 Juni 2018 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 22 338 1912845 pengacara-danick-sebut-laporan-balik-habiburokhman-lucu-P2oFed0WWs.jpg Pengacara Danick, Aulia Fahmi (Foto: M Rizky)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman melaporkan balik seorang mahasiswa bernama Danick Danoko ke Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian RI. Laporan tersebut dilakukan menyusul pelaporan yang dilakukan terhadap dirinya terkait penyataan 'mudik neraka'.

Merespons hal itu, Aulia Fahmi, pengacara Danick menilai laporan balik terhadap kliennya itu suatu hal yang lucu. Sebab, menurutnya laporan Danick sesuai dengan aturan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

"Soal laporan balik ini lucu karena di KUHAP, kalau kita baca Pasal 108 Ayat (1) tegas mengatakan setiap orang yang melihat mengalami langsung satu tindak pidana laporkan artinya warga negara melihat pidana dia wajib melapor kalau dilaporkan balik ini kan lucu," kata Aulia di Polda Metro Jaya, Jumat (22/6/2018).

 Habiburokhman lapor ke Bareskrim Polri

Menurut Aulia, laporan yang dilakukan oleh politisi Partai Gerindra itu terlalu dini sebab, laporan yang dilakukan kliennya itu masih awal dan belum ada pemeriksaan.

"Ini kan sangat prematur saksi belum diperiksa barang bukti belum diuji ini kan enggak masuk akal. Yang namanya laporan adik kita ini kan baru sebatas menduga dan keadaan di Tol Merak itu keadaan tidak betul," ungkapnya.

Danick sendiri selaku pelapor merasa tidak menyesal atas laporan balik yang diarahkan kepada dirinya. Ia mengaku hanya ingin memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk berani mengungkap kesalahan.

"Enggak lah (enggak nyesel). Sebenarnya saya ingin mengedukasi ke masyarakat marilah kita berani katakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Dan saya tidak ada tendensi politik. Saya enggak ada motif macam-macam yang saya inginkan publik figur ini stop bicara yang tidak sesuai yang terjadi di masyarakat," tukasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini