nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

25 Penutup Gorong-Gorong Underpass Mampang Hilang, PT Adhi Karya Diminta Pasang CCTV

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 25 Juni 2018 14:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 25 338 1913684 25-penutup-gorong-gorong-underpass-mampang-hilang-pt-adhi-karya-diminta-pasang-cctv-xWHM2xv4Et.jpg ilustrasi

JAKARTA - Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo meminta PT Adhi Karya selaku kontraktor pengerjaan Underpass Mampang, Jakarta Selatan untuk segera memasangkan kamera pengintai atau closed-circuit television (CCTV) di terowongan tersebut.

Hal itu menyusul kembali hilangnya penutup gorong-gorong di Underpass Mampang beberapa waktu lalu. Kejadian itu bukan merupakan yang pertama kalinya, melainkan sudah terjadi dua kali dalam waktu yang relatif singkat.

"Jadi hari ini kontraktor baru bisa kami ajak bahas masalah tersebut. Yang jelas kita upayakan untuk segera pasang," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/6/2018).

(Baca Juga: Penutup Gorong-Gorong Underpass Mampang Hilang Lagi, Pemprov DKI Bakal Pasang CCTV)

Dinas Bina Marga, lanjut dia, sedang memesan kembali penutup gorong-gorong tersebut. Kini, upaya yang dilakukan pihaknya agar pengendara tak terjeblos ke dalam lobang dengan memberikan pembatas jalan berwarna oranye. "Saat ini steel grating (penutup gorong-gorong) yang baru sedang dipesan, karena ukurannya custom dan galvanized," jelasnya.

PT Adhi Karya sudah melaporkan 25 penutup gorong-gorong yang hilang kepada pihak kepolisian. Namun, karena tak ada saksi yang melihat peristiwa itu, membuat penegak hukum kesusahan dalam menyelidiki perkara tersebut.

"Karena memang tidak ada saksi-saksi yang mengetahui, siapa yang mencurinya," ujarnya.

Ihwal berapa CCTV yang dibutuhkan untuk terowongan itu, pihaknya belum bisa memberikan lebih lanjut. Sebab, hal tersebut akan dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan ahli teknologi. "Kalau kebutuhannya yang nentuin nanti ahli ITnya, mau pasangnya dari sudut pandang mana saja," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengaku akan memasang CCTV di kawasan Underpass Mampang, Jakarta Selatan. Hal itu menyusul kembali hilangnya penutup gorong-gorong di kawasan tersebut.

“Segera kita pasang CCTV di underpass khususnya Mampang-Kuningan,” kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 22 Juni 2018.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini