nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas Lalai, TPS di Tangerang Harus Pemungutan Suara Ulang

Anggun Tifani, Jurnalis · Jum'at 29 Juni 2018 01:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 28 338 1915411 petugas-lalai-tps-di-tengerang-harus-pemungutan-suara-ulang-WnWYEflLql.jpg Ilustrasi. (Foto: Antara)

TANGERANG - Akibat kelalaian, penyengggaraan Pilkada Kabupaten Tangerang di TPS 8 Desa Sidoko, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, terpaksa harusĀ  pemungutan suara ulang (PSU).

Ketua Pengawas Pemilu Kabupaten Tangerang, Muslik membenarkan adanya hal itu. Dia menjelaskan, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Banten (Bawaslu) menemukan adanya kejanggalan dalam proses pemungutan suara di TPS tersebut.

"Kita sudah melakukan pemeriksaan pada pihak panitia di TPS tersebut dan memang kami temukan adanya kelalaian dari petugas, sehingga ada pemilih yang mengambil surat suara tanpa diketahui petugas, pemilih ini menggunakan hak suaranya lebih dari sekali," ungkapnya.

Muslik menyampaikan, akhirnya Bawaslu Provinsi Banten merekomendasikan, adanya pemungutan suara ulang. Menurut Muslik, hal itu juga dilakukan atas dasar Undang-undang Nomor 10 tahun 2016.

Ilustrasi.

Dikatakan Muslik, pihak panwaslu setempat juga telah diberikan sanksi pada panitia setempat. Selain itu, lanjut Muslik, panitia yang melakukan kelalaian tersebut tidak akan dilibatkan kembali pada pemilihan yang akan datang.

"Kembali ini sebagai pembelajaran kami. Sementara untuk yang mengambil itu kami belum tahu apakah ia dari timses paslon atau golongan kotak kosong," tukasnya.

Atas hal tersebut, pelaksanaan PSU nantinya akan dilakukan empat hari pasca-pemungutan suara yang digelar pada Rabu, 27 Juni 2018 kemarin. Sebanyak 355 pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap, akan kembali melakukan pencoblosan.

Untuk diketahui, pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Tangerang, kali ini diikuti calon petahana Ahmed Zaki Iskandar dan Mad Romli. Pada pesta demokrasi kali ini, mereka bersaing melawan kotak kosong.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini