nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PSU Pilkada Tangerang, Partisipasi Pemilih Capai 70 Persen Suara

Anggun Tifani, Jurnalis · Sabtu 30 Juni 2018 21:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 30 338 1916133 psu-pilkada-tangerang-partisipasi-pemilih-capai-70-persen-suara-kioMDd7kqA.jpg Pemungutan suara ulang Pilkada Tangerang (Foto: Anggun Tifani)

TANGERANG - Penyelenggaraan pemungutan suara ulang (PSU) pada Pilkada Kabupaten Tangerang, mencapai 70 persen suara. PSU tersebut berlangsung di TPS 8, Desa Sidoko, Kecamatan Gunung Kaler, Tangerang, Sabtu (30/6/2018).

Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Ali Zainal Abidin mengatakan, pelaksanaan tersebut dilakukan setelah adanya rekomendasi dari pihak panitia pengawas pemilu lantaran, kelalaian yang dilakukan pihak KPPS.

Ali memaparkan, terdata sebanyak 240 dari daftar pemilih tetap pada TPS tersebut sebanyak 355 pemilih yang sudah melakukan pencoblosan. Menurutnya, berarti tercapai presentase sebanyak 70 persen pemilik hak suara yang sudah menggunakan hak suaranya. PSU di Pilkada Tangerang

Angka tersebut. kata Ali, sesuai dengan yang diharapkannya. "Sejauh ini, sudah banyak yang memilih. Kita harapan hingga pukul satu nanti bisa melebih jumlah partisipan yang memilih pada 27 Juni kemarin karena kalau yang kemaren tercatat 253 pemilih," tuturnya

Dikatakan Ali, pihaknya memastikan PSU tetap diselenggarakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. "Kami lakukan sesuai dengan rekomendasi. Peraturan yang ada pada hari ini sama seperti saat pemilihan di tanggal 27 Juni lalu," katanya.

Diberitakan sebelumnya, terdapat petugas yang melakukan kelalaian. Kejadian bermula saat pihak KPPS sedang melakukan istirahat makan siang. Setelah ditelusuri ternyata, ada pemilih yang tergolong lansia yang mengambil 8 surat suara. Pemilih tersebut mengaku tak mengerti kalau aksinya tersebut merupakan pelanggaran. Akhirnya pihak KPPS yang bertugas saat itu dinonaktifkan dan digantikan oleh petugas KPPP yang baru dalam penyelenggaraan PSU kali ini.

Tahapan Pilkada

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini