nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan Asal Vietnam Selundupkan 1 Kg Sabu di Dalam Popok

Anggun Tifani, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 18:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 05 338 1918456 perempuan-asal-vietnam-selundupkan-1-kg-sabu-di-dalam-popok-yIHweHLRud.jpg Penyeludupan Sabu dengan Modus Popok di Bandara Soekarno-Hatta (foto: Anggun/Okezone)

TANGERANG - Seorang perempuan Warga Negara (WN) Vietnam berinisial P tepergok menyelundupkan sabu-sabu yang diselipkan di dalam popok. Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang menerangkan, aksi penyelundupan barang haram tersebut, berhasil dipecahkan lantaran petugas security-check Bandara Soekarno-Hatta curiga dengan cara jalan pelaku.

"WN Vietnam tersebut memakai diapers, kita langsung memeriksa tersangka, hingga akhirnya dilakukan pengecekan keseluruhan sampai ke bagian vitalnya. Di sanalah didapati tersangka membawa 1.076 gram lebih paket sabu, yang terbagi ke dalam 4 bungkus plastik," terangnya saat konferensi pers di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Kamis (5/7/2018).

Erwin mengungkapkan, modus seperti ini sudah dua kali terjadi dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. "Ini sudah dua kali kami temukan, membawa paket sabu dengan cara disembunyikan di dalam diapers yang mereka pakai," ungkapnya.

Penyelundupan Sabu di Dalam Popok Melalui Bandara Soekarno-Hatta (foto: Anggun/Okezone)

Atas kejadian tersebut, kepolisian Bandara Soetta menemukan adanya perubahan ritme dan tren penyelundupan narkotika. Dikatakan Erwin, biasanya pada tren 2017 negara besar yang melakukan penyelundupan itu adalah Malaysia, China, Taiwan, Ghana dan negara Afrika lainnya, kini di 2018 berkembang ke negara Vietnam dan Thailand.

"Sekarang mau enggak mau menambahkan resiko orang-orang yang datang dari Vietnam dan Thailand," paparnya.

Erwin menambahkan, modus penyelundupan narkotika paling berani dilakukan oleh warga asal Ghana dan negara Afrika lainnya. Biasanya, pelaku akan sampai nekat menelan paket narkotika, paling berani sampai 2 kilogram paket.

Diketahui total penyelundupan narkotika jenis sabu pada periode April hingga Juni melalui Bandara Soetta terdapat 9 kilogram lebih sabu. Selain asal Vietnam dan Thailand, mereka berasal dari Malaysia, China, serta ada pula dari Prancis dan Jerman.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini