nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masjid Istiqlal dan Sunda Kelapa Gelar Salat Gerhana Bulan Total

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 15:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 27 338 1928238 masjid-istiqlal-dan-sunda-kelapa-gelar-salat-gerhana-bulan-total-qEormTAdQ6.jpg Masjid Istiqlal (foto: Antara)

JAKARTA - Gerhana bulan total (GBT) atau khusuful qamar terlama sepanjang abad ini diprediksi akan terjadi pada 28 Juli 2018. Merayakan fenomena alam tersebut, Masjid Istiqlal dan Sunda Kelapa, Jakarta Pusat menggelar kegiatan salat berjamaah.

Staff Takmir Masjid Istiqlal, Ibrahim mengajak kepada seluruh masyarakat Jakarta maupun di luar Ibu Kota untuk datang ke masjid terbesar di Asia Tenggara itu untuk melaksanakan salat berjamaah. Ibadah sunnah umat Islam itu akan dilakukan tepat pada pukul 03.30 WIB.

"Jam 03.30 WIB dilanjutkan dengan salat Subuh berjamaah," kata Ibrahim saat dihubungi, Jumat (27/7/2018).

Ribuan Umat Muslim Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Salat tersebut akan diimami oleh Ustaz Muhammad Mahdi, lalu ceramah yang mengisi kegiatan itu adalah Salim Ghozalli. Tema dari khotbah nanti bertajuk soal makna dari salat gerhana bulan total tersebut. Rangkaian kegiatan akan diakhiri dengan salat subuh berjamaah.

"Temanya tentang salat khusuk gerhana bulan," kata dia.

Masjid Istiqlal, lanjut dia, tak menyebar undangan kepada tokoh nasional untuk melaksanakan salat di sana. Sebab, dalam menjalankan sebuah ibadah itu harus didasari dari keikhlasan hati seseorang untuk mengerjakannnya.

"Kita tidak undang secara khusus, kalau datang berarti sebagai jamaah," jelasnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Sekertaris Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa, Mulyadi mengaku juga bakal menggelar salat gerhana bulan total. Tapi, pihaknya akan melaksanakan ibadah itu setengah jam lebih awal dari yang dilaksanakan Masjid Istiqlal.

"Jam 03.00.Wib dini hari dengan Imam Syeikh Issom Al Mizjazi dan penceramah oleh Ali Hasan Bahar," jelasnya.

Apabila masjid itu terisi penuh dipenuhi dengan seluruh jamaah yang hadir, maka diprediksi kegiatan tersebut akan dihadiri oleh 1.000 jemaah.

"Kalau ruang ibadah terisi penuh, kurang lebih 800 orang sampai 1000 orang," terangnya.

Masjid Sunda Kelapa (foto: Ist) 

Sekadar informasi, puncak gerhana akan terjadi pada pukul 03.21.44 WIB, dan akhir gerhana bulan total pada pukul 04:13:12 WIB.

Adapun tata cara Salat Gerhana adalah sebagai berikut:

a. Berniat di dalam hati;

b. Takbiratul ihram, yaitu bertakbir sebagaimana shalat biasa;

c. Membaca do’a iftitah dan berta’awudz, kemudian membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang (seperti surat Al Baqarah) sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih) sebagaimana terdapat dalam hadits Aisyah: “Nabi Saw. menjaharkan (mengeraskan) bacaannya ketika shalat gerhana.”(HR. Bukhari no. 1065 dan Muslim no. 901);

d. Kemudian ruku’ sambil memanjangkannya;

e. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal) sambil mengucapkan “Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana Wa Lakal Hamd”;

f. Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama;

g. Kemudian ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya;

h. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal);

i. Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali;

j. Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya;

k. Salam.

Setelah itu imam menyampaikan khutbah kepada para jamaah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdoa, beristighfar, dan bersedekah.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini