nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI dan Kementerian PUPR Bahu-membahu Bersihkan Kali Sentiong yang Bau Busuk

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 19:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 27 338 1928389 pemprov-dki-dan-kementerian-pupr-bahu-membahu-bersihkan-kali-sentiong-yang-bau-busuk-s4kQjTx8LD.jpg Seorang petugas mengecek jaring hitam yang menutupi kali Sentiong alias kali Item. Foto: Okezone/Arief Julianto

JAKARTA – Pemerintah DKI Jakarta dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bahu membahu membersihkan kali Sentiong yang berwarna hitam dan mengeluarkan bau busuk.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan untuk Kali Sentiong atau yang biasa disebut Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, perlu kesinergian antarlembaga. Pemprov DKI dan Kementerian PUPR sudah terbentuk tim kecil yang mengurusi kebersihan Kali Item.

"Tim dari SDA (Dinas Sumber Daya Air DKI) juga sudah bekerja untuk itu bersama-sama tim dari PUPR," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (27/7/2018).

Foto: Okezone/Arief Julianto 

Sebelum terbentuknya tim itu, kata dia, pihaknya juga sudah meminta tanggapan kepada pakar kelautan Institut Teknologi Bandung (ITB), Muslim Muin. Kemudian, beliau menyarankan untuk melakukan rekayasa pola hidrolika.

"Itu yang kemudian mulai tanggal 24 dan 25 Juli 2018 sudah dilaksanakan," jelasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta kepada seluruh pihak untuk terus mendukung upaya pembersihan yang dilakukan oleh Pemprov DKI dan pemerintah pusat.

"Karena itu mari kita teruskan kerja sama di lapangan. Dan kalau mau terus-menerus meramaikan di dalam debat publik, saling klaim, enggak akan selesai," terang Anies.

Foto/Okezone 

Anies cukup menyesalkan ulah dari salah satu staf khusus ihwal ucapannya yang memperkeruh penyelesaian masalah tersebut. Tapi ia tak ingin menyebut identitas dari staf khusus itu.

Ia mengajak untuk seluruh pihak menyudahi pernyataan-pernyataan di publik yang bisa menimbulkan perpecahan.

"Karena itu jangan ganggu mereka yang bekerja itu dengan statement-statement dari staf khusus yang tidak bekerja di lapangan, yang tidak bekerja membereskan masalah, tapi justru memperumit opini," tuturnya.

Kali Sentiong berdekatan dengan wisma Atlet Asian Games. Bau dan warnanya yang tak sedap dipandang membuat Pemprov DKI menutup kali dengan jaring hitam. Pemprov DKI juga menyemprot kali dengan cairan khusus agar bau busuk yang keluar bisa diminimalkan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini