nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JPO Dirobohkan, Pelican Crossing Mulai Difungsikan di Sekitar Bundaran HI

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 12:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 30 338 1929215 jpo-dirobohkan-pelican-crossing-mulai-difungsikan-di-sekitar-bundaran-hi-5wUw7v8N6e.jpg Pejalan kaki menggunakan pelican crossing untuk menyeberang di kawasan Bundaran HI. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran HI sedang dalam proses dirobohkan oleh PT MRT Jakarta. Mulai hari ini, Senin (30/7/2018), JPO yang dibangun sejak 2014 itu sudah tak bisa digunakan. Pejalan kaki yang hendak menyeberang lewat JPO dialihkan menggunakan pelican crossing.

Posisi pelican crossing itu berada di depan Hotel Pullman dan Plaza Indonesia. PT MRT Jakarta pun memberikan peringatan kepada kendaraan yang akan melintas. Setiap ruas kiri dan kanan Jalan MH Thamrin diberikan garis kejut agar kendaraan roda empat dan dua memelankan kecepatannya ketika ada orang yang hendak menyeberang.

Namun, penggunaan teknologi penyeberangan itu masih dikerjakan jajaran petugas Dishub DKI Jakarta. Jadi, lampu lalu lintas yang untuk menyetop kendaraan terkadang tidak berfungsi.

Lampu lalu lintas di pelican cross di sekitar Bundaran HI, Jakarta. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Untuk mengantisipasi kecelakaan di kawasan itu, Dishub DKI Jakarta mengerahkan satu petugas untuk membantu masyarakat yang hendak menyeberang. Ketika ada sekelompok orang yang akan menyeberang, seorang personel Dishub DKI akan menjulurkan tangannya untuk menyetop kendaraan yang melintas.

Suci (24), salah satu pekerja yang berkantor di kawasan Bundaran HI menuturkan, keberadaan pelican crossing memang cukup baik ketimbang adanya JPO. Sebab, teknologi mutakhir itu amat ramah kepada kaum disabilitas.

"Teknologi pelican cross ini memang ramah kepada kaum disabilitas," kata Suci saat ditemui di lokasi.

Pejalan kaki menggunakan pelican cross untuk menyeberang di kawasan Bundaran HI. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Namun, ia mengingatkan kepada Pemprov DKI agar untuk menempatkan petugas Dishub di depan pelican crossing. Sebab, kawasan Jalan MH Thamrin itu kerap dilintasi oleh kendaraan yang melaju kencang.

(Baca Juga : Begini Penampakan JPO Bundaran HI Sebelum Dirobohkan)

"Karena ini merupakan kawasan ramai kendaraan, sehingga tidak cukup hanya diatur dengan lampu lalu lintas," ujarnya.

Selain itu, sistem pengaturan waktu untuk penyeberangan di pelican crossing tersebut juga perlu diperhatikan. Tujuannya agar bisa menyesuaikan dengan arus lalu lintas kendaraan di tempat itu.

(Baca Juga : Pembongkaran JPO Bundaran HI, Jalan MH Thamrin Ditutup Selama 9 Jam)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini