nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanggul Laut Raksasa Salah Satu Antisipasi Cegah Tenggelamnya Jakarta

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 06:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 16 338 1937201 tanggul-laut-raksasa-salah-satu-antisipasi-cegah-tenggelamnya-jakarta-jkUprG7zdp.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Pengamat Perkotaan Yayat Supriatna menyebut pembangunan tanggul laut raksasa atau Giant Sea Wall menjadi salah satu upaya untuk mengantisipasi kajian yang menyatakan Jakarta Utara akan tenggelam pada tahun 2050 mendatang.

Para ahli melakukan penelitian yang menghasilkan bahwa Jakarta Utara akan tenggelam pada tahun 2050 mendatang karena permukaan tanah selalu menurun 25 Cm, sebagaimana dilansir dari BBC News Indonesia.

"Giant Sea Wall salah satu bentuk antispasi dari beberapa kajian yang sudah beberapa kali dilakukan," kata Yayat saat berbincang dengan Okezone, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Saat ini pembangunan tanggul laut raksasa di pesisir Jakarta terus dilakukan. Giant Sea Wall itu sudah dimulai sejak 2014 silam, dan diprediksi rampung pada tahun 2025 mendatang.

Selain Giant Sea Wall, Yayat menjelaskan, pemerintah harus membuat konsep untuk mengurangi beban penduduk di Ibu Kota. Mengingat, melonjaknya warga DKI menjadi salah satu faktor utama tenggelamnya Jakarta.

"Pembuatan tanggul dipantai sekarang sudah dibangun, lalu konsep redistribusi fungsi membagi beban Jakarta ke luar Jakarta penyebaran penduduk dibuat merata. Indonesia ini bukan hanya Jakarta saja," tutur Yayat.

Menurut Yayat, faktor utama tenggelamnya Jakarta juga dari tingginya kebutuhan air bersih yang diambil dari tanah. Apalagi, air merupakan kebutuhan utama hajat hidup orang banyak dewasa ini.

"Didarat makin tenggelam karena air terbatas ujung-ujungnya kita mengambil air tanah sehingga penurunan tanah. Diperparah lagi bertambahnya jumlah penduduk jadi kebutuhan air makin meningkat jalan pintas ambil air tanah untuk mengatasi krisis air," tutup Yayat.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini