nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKS Masih Jaring Aspirasi Terkait Pengganti Kursi Wagub Jakarta

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 16 338 1937205 pks-masih-jaring-aspirasi-terkait-pengganti-kursi-wagub-jakarta-QM6MyICuRW.jpg

JAKARTA - Kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta saat ini kosong setelah Sandiaga Salahuddin Uno mengundurkan diri untuk maju sebagai calon Wakil Presiden di Pemilu 2019 mendatang.

Dengan kekosongan jabatan itu, PKS yang merupakan salah satu partai pengusung Anies Baswedan dan Sandiaga saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) beberapa waktu lalu, terus melakukan konsolidasi membahas sosok pengganti Sandiaga.

"DPW (PKS) sedang melakukan jaring aspirasi. Prosesnya ada di DPRD nanti ada paripurna DPRD," kata Wakil Sekjen PKS Abdul Hakim kepada Okezone, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Dalam undang-undang, sosok pengganti Wagub DKI merupakan kewenangan dari masing-masing partai pengusung. Dalam hal ini, pasangan Anies-Sandi didukung oleh Gerindra dan PKS.

Hakim belum mau memaparkan lebih dalam apakah PKS memiliki hasrat tinggi untuk menempatkan kadernya sebagai orang nomor dua di Ibu Kota Indonesia itu. Menurutnya, DPP PKS masih menunggu aspirasi DPW terkait hal tersebut.

"Kami pantau perkembangan dan dinamika tentu kami akan mendengarkan aspirasi DPW PKS sebagai penyambung aspirasi yang berkembang yang sedang diserap DPW PKS dilapangan yah," ucap dia.

Presiden PKS, Sohibul Iman sebelumnya menilai, salah satu kadernya adalah yang paling tepat untuk mengisi jabatan tersebut. Mengingat, kata Sohibul, PKS telah memberikan keputusan penuh kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk memilih sosok Cawapres.

"Tetapi tentu dari PKS memberikan posisi wakil presiden tentu mereka memberikan hak prioritas kepada PKS untuk menjadi wagub," kata Sohibul di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat 10 Agusutus 2018 lalu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini