nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jakarta Diprediksi Bakal Tenggelam, DPRD: Sebetulnya Sudah Tahu dari Dulu

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 06:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 19 338 1938442 jakarta-diprediksi-bakal-tenggelam-dprd-sebetulnya-sudah-tahu-dari-dulu-R6fvvcLvUy.jpg

JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan mengaku sudah mengetahui prediksi Jakarta akan tenggelam di masa yang akan datang.

Pantas mengungkapkan, dirinya mengetahui hal itu jauh sebelum tim peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) meliris. "Sebetulnya sudah tau sejak dulu (Jakarta Utara akan tenggelam)," katanya kepada Okezone, Minggu (19/8/2018).

Ilustrasi (BBC Indonesia)


Menurutnya, proyek pembangunan tanggul raksasa yang terletak di pinggir laut utara Jakarta merupakan salah satu upaya menyelamatkan bencana yang menenggelamkan Jakarta.

"Salah satu upaya oleh pemerintah (saat itu) adalah giant sea wall," tuturnya.

Bahkan, termasuk proyek reklamasi di teluk Jakarta yang ramai jadi perbincangan pada zaman kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) merupakan upaya antisipasi agar Jakarta Utara tidak tenggelam.

"Kalau bicara jujur, katakanlah reklamasi itu yang kemarin bagian upaya, jadi jangan dilihat dari ekonominya saja, harus seruluh apa manfaatnya. Jadi tanggul raksasa dan reklamasi sebagian daripada konsep konsep menghindari itu," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, tim peneliti geodesi ITB, menyebutkan setiap tahunnya terjadi penurunan permukaan tanah dengan kedalaman mencapai 25 cm di Jakarta Utara. Maka jika hal tersebut terus berlangsung, maka diprediksi wilayah di Ibu Kota itu bakal tenggelam pada 2050.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini