nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

620 Aparat Gabungan Kawal Laga Persija vs Selangor FC di Bekasi

Wijayakusuma, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 17:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 06 338 1946995 620-aparat-gabungan-kawal-laga-persija-vs-selangor-fc-di-bekasi-79fDG5oykU.jpg Ilustrasi Polri (Foto: Ist)

BEKASI - Sebanyak 620 personel gabungan akan diterjunkan untuk pengamanan pertandingan sepak bola Liga Gojek-Traveloka antara Persija vs Selangor FC (Malaysia), yang akan dilangsungkan di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pengamanan terdiri dari 288 personel Polres Metro Bekasi Kota, 252 personel Polda Metro Jaya, 125 personel TNI, 33 personel Dishub, 55 personel Satpol PP dan 12 personel Damkar.

"Pola pengamanan kali ini sedikit berbeda dari pengamanan sebelumnya. Dalam pertandingan ini mulai dari pintu Selatan, Timur, Utara dan Barat diberikan akses untuk dibuka, namun ada beberapa yang ditutup," kata Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Wijonarko Kepada Okezone, Kamis (6/9/2018).

 Persija

Mengingat klub Persija yang akan berlaga pada pertandingan malam nanti, kata dia, maka pengamanan akan lebih difokuskan di luar stadion, untuk memecah konsentrasi massa.

"Bahwa Persija main, maka psikologi massa berbeda. Oleh karenanya, kita fokuskan lebih cenderung keluar stadion. Dan saya harapkan nanti ada titik-titik tertentu yang mana massa akan datang dan bergerombolan, maka kita harus memecah massa untuk tidak bergerombolan," tegasnya.

Menurut Wijonarko, pertandingan sepak bola antara Persija vs Selangor FC tidak akan ditayangkan secara langsung dan hanya bisa ditonton melalui video streaming.

"Untuk pelaksanaan pertandingan ini tidak ada siaran langsung, hanya melalui streaming. Namun, kita upayakan massa tidak menumpuk di satu titik," ujarnya.

Ia juga meminta para personel gabungan agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Terlebih dalam menjalin koordinasi dengan personel yang lain dalam hal pengamanan.

"Sekiranya perwira pengendali agar dapat mengendalikan anggotanya. Apabila ingin mengambil tindakan, agar diperhitungkan betul. Bila ingin bala bantuan, koordinasikan dahulu kepada rekan lainnya," ujarnya.

 Ilustrasi

Untuk Satpol PP, katanya, akan bertugas untuk mengupayakan tidak ada pedagang kaki lima yang berjualan di pinggiran stadion. Hal itu agar tidak ada botol minuman masuk ke dalam stadion

"Mudah-mudahan situasi jalannya pertandingan hingga malam hari ini, berjalan sesuai dengan yang direncanakan, aman dan kondusif," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini