nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lubang Misterius di Tengah Sawah Gegerkan Warga Sukabumi

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Sabtu 08 September 2018 03:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 07 338 1947719 lubang-misterius-di-tengah-sawah-gegerkan-warga-sukabumi-rvv4t28tfS.jpg Sawah berlobang di Sukabumi (foto: ist)

BOGOR - Warga Kampung Cipetir Legoknyenang, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi digegerkan dengan fenomena alam munculnya lubang cukup besar di area persawahan.

Menurut warga, Cece Sudirman (60) mengatakan lubang tersebut pertama kali terbentuk pada Kamis 6 September 2018 siang. Kala itu, Cece mendengar suara gemuruh dari sawah yang dekat rumahnya.

"Awalnya saya mau solah Dzuhur, terus saya dengar gemuruh dari sawah. Saya lihat, sudah ada lubang di tengah sawah saya," kata Cece, Jumat (7/9/2018).

Cece menambahkan, awalnya lubang tersebut hanya berdiamater sekitar 3 meter. Namun, perlahan lubang misterius itu terus membesar hingga saat ini mencapai 6 meter dengan ke dalaman 10 meter.

"Saya khawatir lubang semakin meluas dan merembet ke permukiman warga," tambahnya.

Akibatnya, Cece mengalami kerugian karena lubang itu baru saja ditanami dengan padi. Ia pun berharap agar pihak terkait segera melakukan pemeriksaan dan penanganan terkait munculnya lubang tersebut.

"Kalau dilanjutkan khawatir ada kejadian lagi," ungkap Cece.

Sementara itu, Camat Kadudampit Zaenal Abidin mengimbau agar tidak berfirkir jauh terkait fenomena ini. Menurutnya, lubang itu disebabkan adanya saluran air yang berada di bawah area persawahan.

"Gejala alam biasa. Di bawah ada saluran air dari pegunungan mengalir ke sungai Cigalunggung, jadi tanahnya labil dan amblas," ujar Zaenal.

Langkah selanjutnya, pihaknya telah berkoodinasi dengan pemerintah daersh setempat dan dinas terkait unuk melakukan pemeriksaan struktur tanah serta melakukan pengamanan di sekitar lubang.

"Langkah kita amankan dulu lubang ini, takutnya ada anak-anak atau orang yang mendekat dan amblas lagi. Kita sedang melakukan pengecekan struktur, mineral dan lainnya bersama ESDM," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini