nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tunawisma Melahirkan di Kolong Flyover, Saat Ditemukan Kondisinya Memprihatinkan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 09 September 2018 19:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 09 338 1948229 tunawisma-melahirkan-di-kolong-flyover-saat-ditemukan-kondisinya-memprihatinkan-mTX71IEaTq.jpg (Foto: Dinas Sosial Jakbar)

JAKARTA - Satgas P3S TRC Suku Dinas Sosial Jakarta Barat bersama Posko Titik Cengkareng menemukan seorang tunawisma, Wati (39) yang melahirkan di kolong tol flyover Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat.

Koordinator Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Jakarta Barat, Amir mengatakan, penemuan ini lantaran adanya laporan masyarakat.

Foto: Dinas Sosial Jakbar

Menurut keterangan warga sekitar, kata Amir, Ibu Wati tinggal di kolong flyover berdua dengan suaminya yang bekerja serabutan.

"Ibu Wati melahirkan seorang diri semalam. Hari Sabtu, pada tanggal 8 September 2018 dan tidak ada orang yang menolong dan baru tadi pagi sekitar pukul 08.00 WIB pedagang asongan sekitar lokasi melihat kondisi Ibu Wati seorang diri yang memprihatinkan karena sehabis melahirkan dengan kondisi adanya darah di sekitar alas tidur (plastik/kardus)," kata Amir, Minggu (9/9/2018)

Foto: Dinas Sosial Jakbar

Amir mengatakan, saat ditemukan kondisi Ibu Wati masih dengan ari-ari serat tali pusar yang masih menyambung dengan bayi dan belum terputus. "Akhirnya pedagang asongan tersebut melaporkan ke Satgas P3S Jakbar yang berada di perempatan lampu merah Cengkareng," jelasnya.

Foto: Dinas Sosial Jakbar

Selanjutnya Petugas Posko Titik Cengkarengpun langsung mendatangi ke lokasi tersebut dan menemukan Ibu Wati yang baru melahirkan seorang diri. "Karena melihat kondisi Ibu Wati yang masih melemah petugas posko titik Cengkareng menghubungi Team TRC dan Pihak AGD, untuk mendapatkan pelayanan medis terlebih dahulu," paparnya.

Foto: Dinas Sosial Jakbar

Setibanya Pihak AGD dilokasi dan berkoordinasi dengan Petugas Posko Titik Cengkareng beserta team TRC dan memutuskan untuk merujuk Ibu Wati serta bayinya ke RSUD Cengkareng guna mendapatakan penanganan dan bantuan medis secara intensif.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini