nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Pakai CCTV Buatan China Terapkan E-Tilang di Jakarta

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 14:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 18 338 1952063 polisi-pakai-cctv-buatan-china-terapkan-e-tilang-di-jakarta-e97pY0hBL1.jpg Ilustrasi Foto/Okezone

JAKARTA - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, pihaknya akan melakukan uji coba sistem electronic traffic law enforcement (E-TLE) atau yang biasa disebut e-tilang. dari Cina untuk menindak para pelanggaran lalu lintas di Jakarta.

Saat ini, lanjut Yusuf, pihaknya sudah berkoordinasi dengan China untuk pengadaan alat CCTV tersebut. Nantinya, CCTV itu akan dipasang di Jalan Sudirman-Thamrin pada Oktober mendatang.

"China, poduknya ada, sudah kita kontak ke sana," kata Yusuf di Polda Metro Jaya, Selasa, (18/9/2018).

Yusuf menjelaskan, kamera tersebut nantinya akan merekam aktifitas pengendara baik dalam kondisi siang maupun malam. "Yang penting tidak gelap sekali ya. Kamera ini nanti kami pasang di masing-masing simpang," tuturnya.

Adapun pengadaan kamera itu sendiri terbilang baru hal itu dilakukan lantaran kamera yang dimiliki Dinas Perhubungan, maupun Kementerian Komunikasi dan Informatika tidak sesuai kebutuhan.

"Jadi kami memang mengadakan kamera yang baru, karena beberap kamera yang ada ini milik Dishub, Kominfo itu saya lihat hanya untuk monitor aja," tambahnya.

Namun demikian Yusuf belum menyebut berapa jumlah kamera yang akan dibeli dari China. "Masih dibahas, ini tim kami lagi komunikasi ke sana ke Kominfo," tutupnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini