nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas Temukan Buku Bergambar Palu Arit Milik Pekerja WNA China di Bekasi

Wijayakusuma, Jurnalis · Selasa 18 September 2018 21:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 18 338 1952217 petugas-temukan-buku-bergambar-palu-arit-milik-pekerja-wna-china-di-bekasi-6P4FX9VM6H.jpg Foto Istimewa

BEKASI - Enam orang WNA asal China berikut dua orang WNI diamankan pihak Imigrasi Karawang, dari Hotel Amaris di Jalan Interchange tol Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (17/9/2018) malam.

Keenam WNA, yakni Fu Zhibo, Wu Min, Shen Li, Tan Yunbo, Lan Zhibing dan Tian Zhi Guo merupakan pekerja proyek utusan dari PT Sinohydro Graha Persada (SGP) 2 yang berlokasi di Bekasi Selatan, Kabupaten Bekasi. Sementara dua orang WNI, Umar (29) merupakan asisten survei dan Aris (34) bertindak sebagai driver.

Tiga dari enam WNA beserta Umar, disebutkan sebagai orang yang ada di dalam video yang saat ini tengah viral di media sosial. Dalam video yang berdurasi 3 menit 18 detik itu, keempatnya kedapatan tengah mengukur tanah di wilayah RT 06 RW 06 Jatimulya, Tambun, Bekasi.

Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, keenam WNA dan 2 WNI tersebut mulai check in di Hotel Amaris pada Sabtu 15 September 2018, sekira pukul 18.00 WIB. Mereka menempati 4 kamar di lantai III, yakni kamar nomor 309, 310, 314 dan 316. Seluruh kamar yang disewa diketahui atas nama Nasirudin.

Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan para WNA tersebut selama menginap, diantaranya melakukan survei pengukuran lokasi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, mulai dari SDN Tegalega I sampai Jalan Batu Bubulah Desa Tegalega, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, pada 16-17 September 2018.

 WNA

Kemudian pada 17 September malam, para WNA mendatangi lokasi spa dan massage di belakang ruko Bizpark Interchange. Warga yang melihat kemudian menanyakan perihal maksud kedatangan mereka. Namun karena tidak ada satupun diantara WNA tersebut yang bisa berbahasa Indonesia, maka mereka pun tidak menjawab.

Warga yang masih penasaran, lalu menuju Hotel Amaris untuk menanyakan langsung kepada pihak hotel seputar keberadaan WNA tersebut. Hingga akhirnya beberapa saat kemudian, Unit Intelkam Polres Karawang datang dan membawa keenam WNA dan dua WNI ke kantor Imigrasi Karawang.

Pihak imigrasi lalu mengamankan sejumlah barang milik para WNA, diantaranya paspor, visa dan dua buah buku bergambar palu arit yang berisi tentang regulasi Partai Komunis terkait aturan, pasal dan norma, dimana orang yang memiliki buku dianggap berkompeten di partai tersebut.

Lalu pada Selasa (18/9/2018) dini hari, penerjemah dari PT SGP, Youka datang ke pihak imigrasi dan menerangkan perihal keberadaan para WNA. Ia menyebutkan keenam WNA asal China merupakan tim survei lokasi proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung. Sementara Umar selaku asisten survei yang sudah bekerja selama dua tahun di PT SGP, mengaku tidak tahu menahu terkait temuan buku bergambar palu arit milik WNA.

 PENAKAPAN

Kemudian pada pukul 01.45 sampai 03.00 WIB, dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen para WNA oleh Wasdakim Imigrasi Karawang. Hasil pemeriksaan menyebutkan, paspor dan visa serta izin tinggal keenam WNA asal China tersebut terdaftar di Imigrasi.

Selanjutnya, pada pukul 03.40 WIB, keenam WNA check out dari Hotel Amaris, dengan penjamin Youka dari pihak SGP. Para WNA kemudian ditempatkan di Savehouse PT SGP di wilayah Bekasi Selatan, dengan menggunakan dua unit mobil Toyota Fortuner nopol B 800 SCL dan B 1580 SST, serta mendapat pengawalan pihak Wasdakim Imigrasi Karawang.

Terpisah, Kasat Intelkam Polres Karawang, Rezky menjelaskan, pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat yang curiga dengan keberadaan WNA asal China di Hotel Amaris.

"Makanya kita tindaklanjuti, dilakukan pengintaian hingga penggerebekan pada Senin malam. Setelah itu keenam WNA dibawa ke kantor Imigrasi Karawang untuk dimintai keterangan," katanya saat dikonfirmasi awak media.

Sementara terkait temuan dua buah buku bergambar palu arit, saat ini telah diamankan pihak Mapolres Karawang.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini