Sponsori Ratna Sarumpaet ke Chile, Anies: Ini Problemnya, Bukan Seninya tapi Cekalnya

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 05 Oktober 2018 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 05 338 1960098 sponsori-ratna-sarumpaet-ke-chile-anies-ini-problemnya-bukan-seninya-tapi-cekalnya-iLd9bpWA3I.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut hebohnya kepergian Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Ratna Sarumpaet ke Chile untuk menghadiri acara "The 11th Women Playwrights International Conference 2018" di Santiago, Chile sedianya hal biasa. Namun, menjadi heboh lantaran adanya pencekalan dari Polda Metro Jaya melalui Ditjen Imigrasi terkait kasus hoaks penganiayaan.

Ratna Sarumpaet diketahui hendak pergi ke Chile menggunakan dana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebesar Rp60-70 juta. Namun, Ratna terlebih dahulu ditangkap polisi ketika berada di dalam pesawat kemarin malam sebelum sempat terbang ke Chile melalui Bandara Soekarno-Hatta.

"Karena ada kejadian cekal aja kalau tak ada ya tak ada ramai, kalau tidak juga Anda (wartawan) tak nanya," kata Anies saat menghadiri HUT ke-73 TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).

(Baca Juga: Kuasa Hukum: Ratna Sarumpaet Tak Sebarkan Hoaks Langsung ke Publik)

Menurut Anies, pihaknya sebenarnya sudah biasa memberikan dana atau dukungan lainnya kepada seluruh seniman yang berniat mengharumkan Bangsa Indonesia di kancah dunia.

"Ratusan orang kami yang biasa saja, kami beberapa bulan lalu mengirimkan anak-anak Indonesia ikut pelatihan teater di Broadway dibiayai siapa? Pemprov," tutur Anies.

 Ratna Sarumpaet

Disisi lain, Anies menyatakan, hal ini menjadi ramai lantaran adanya kasus pidana yang belakangan menerpa Ratna Sarumpaet. Diketahui, Ratna ditetapkan menjadi tersangka oleh polisi dalam kasus hoaks terkait penganiayaan.

"Ini problemnya bukan seninya tapi cekalnya," ucap Anies.

Dalam proses hukumnya, polisi telah menggeledah kediaman Ratna Sarumpaet sekiranya hampir selama dua jam. Saat ini, Ratna tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut pasca-statusnya sebagai tersangka di Mapolda Metro Jaya.

Ratna dijerat dengan dengan pasal Pasal 14 UU ITE terkait dengan menyebarkan berita bohong kepada publik.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini