nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atiqah Hasiholan Jaminan Ratna Sarumpaet Jadi Tahanan Kota

Badriyanto, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 15:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 08 338 1961096 atiqah-hasiholan-jaminan-ratna-sarumpaet-jadi-tahanan-kota-fUIZxPDlyb.jpg Atiqah Hasiloan, anak Ratna Sarumpaet. Foto/Okezone

JAKARTA - Kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasarudin mengajukan permohonan agar kliennya menjadi tahanan kota atas kasus hoak. Pasalnya, anak-anak aktivis perempuan itu, termasuk Atiqah Hasiholan menjamin ibunya tidak akan melarikan diri atau mengulangi perbuatannya.

"Iya dong, kami menjamin, (dari pihak keluarga) anak-anaknya dong," ucap Insank di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (8/10/2018).

Foto: Okezone/Harits Tryan 

Insank mengatakan, dengan adanya jaminan dari kuasa hukum dan keluarga Ratna Sarumpaet, penyidik tidak perlu khawatir kliennya akan melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatannya.

Baca: Curhat Cawapres KH Ma'ruf Amin yang Pernah Jadi Korban Hoaks

Baca: Dianggap Sumir, IPW Sebut Kasus Ratna Sarumpaet Akan Menguap

"Selanjutnya juga kami menjamin juga bahwa akan mempermudah jalannya proses hukum ini, kira-kira apa yang menjadi kendalanya," imbuhnya.

Foto: Okezone/Harits Tryan 

Adapun alasan mengajukan sebagai tahanan kota karena kondisi Ratna Sarumpaet yang sudah tua. Ia khawatir mental Ratna Sarumpaet akan terganggu apabila harus bertahan dalam penjara.

"Alasan lainnya kan karena ini kita memikirkan ketika beliau di dalam Rutan (rumah tahanan) akan berpengaruh kepada fisiknya atau mentalnya semakin lama beliau di dalam," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Okezone, Ratna resmi ditahan pada Jumat malam 5 Oktober kemarin setekah dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka. Ia ditangkap polisi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat hendak bebergian ke Chile.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini