nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perluasan Sistem Ganjil-Genap Resmi Diperpanjang hingga Desember 2018

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 12:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 13 338 1963549 perluasan-sistem-ganjil-genap-resmi-diperpanjang-hingga-desember-2018-tTQIhTQhV4.jpg Ilustrasi Penerapan Sistem Perluasan Ganjil Genap di Jalan Ibu Kota (foto: Okezone)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta resmi memperpanjang kebijakan perluasan sistem ganjil-genap ‎hingga perhelatan Asian Games 2018 selesai atau lebih tepatnya sampai akhir Desember 2018. Perpanjangan sistem ganjil-genap akan dimulai pada Senin, 15 Oktober 2018.

"(Perpanjangan perluasan sistem ganjil-genap) berlaku sejak 15 Oktober sampai dengan 31 Desember 2018," kata Plt Kadishub DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko saat dikonfirmasi, Sabtu (13/10/2018).

(Baca Juga: Polda Metro Sarankan Penerapan Ganjil-Genap Diperpanjang karena Mampu Tekan Kemacetan) 

Menurut Sigit, ‎ada hasil yang positif selama uji coba serta perpanjangan perluasan sistem ganjil-genap pada saat perhelatan Asian Para Games 2018. Oleh karenanya, Pemprov DKI menilai perluasan sistem ganjil-genap akan diteruskan hingga akhir tahun.

Wacana Ganjil Genap untuk Pengendara Sepeda Motor 

"Bahwa ada hasil positif selama pemberlakuan gage saat Asian Games dan Asian Para Games yang meliputi peningkatan kecepatan, penurunan waktu tempuh, peningkatan pengguna angkutan umum," kata Sigit.

Berikut beberapa kawasan yang akan terkena perpanjangan perluasan sistem ganjil-genap hingga akhir tahun :

1. Jalan Medan Merdeka Barat;

2. Jalan MH Thamrin;

3. Jalan Jendral Sudirman;

4. Sebagian Jalan Jendral S Parman (mulai dari Jalan Simpang Tomang Raya sampai Jalan simpang KS Tubun);

5. Jalan Gatot Subroto;

6. Jalan HR Rasuna Said;

7. Jalan Jendral MT Haryono;

8. Jalan Jendral DI Panjaitan;

9. Jalan Jendral Ahmad Yani.

(Baca Juga: Anies: Penjualan Mobil Bekas Meningkat, Kebijakan Ganjil-Genap Tak Efektif) 

‎Berdasarkan surat keputusan Nomor 106 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap yang telah ditandatangani Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedsan, pemberlakuan perpanjangan aturan ini akan diberlakukan dalam dua waktu.

Kebijakan tersebut diberlakukan pada dua sesi yakni pukul 06.00 - 10.00 WIB dan 16.00 - 20.00 WIB. N‎amun, sistem ganjil-genap tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu maupun hari libur nasional sebagaimana yang telah ditetapkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Pembatasan lalu lintas tidak berlaku pada hari Sabtu, hari Minggu dan hari libur Nasional yang ditetapkan dengan keputusan Presiden," terangnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini