Anies Puji Jokowi yang Bagikan 10 Ribu Sertifikat Tanah di Jakarta Utara

Fadel Prayoga, Okezone · Rabu 17 Oktober 2018 21:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 17 338 1965440 anies-puji-jokowi-yang-bagikan-10-ribu-sertifikat-tanah-di-jakarta-utara-KZ4InPkXre.jpg Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika melakukan pembagian sertifikat tanah kepada warga di Jakarta Utara.

Anies mengatakan, sewaktu Jokowi menjadi orang nomor satu di Ibu Kota beliau selalu blusukan ke sini. Kini, mantan Wali Kota Solo itu tak hanya berkunjung, tapi juga memberikan sertifikat kepada masyarakat.

"Sekarang sebagai Presiden kembali bukan hanya untuk menjenguk tetapi datang untuk membagikan sertifikat tanah bagi warga Jakarta Utara," kata Anies Rasyid Baswedan dalam sambutan acara pembagian sertifikat di Jakarta Utara, Rabu (17/10/2018).

Dengan adanya pembagian sertifikat tanah, lanjut Anies, warga akan merasa mendapatkan kepastian hukum mengenai status tanah mereka. Sehingga, mereka tak akan khawatir kalau kediamannya akan digusur karena huniannya tak memiliki landasan hukum yang kuat.

"Dan Insya Allah dengan adanya sertifikat ini kepastian mereka bertinggal di Jakarta akan hadir dan bapak Presiden kalau dilihat wajah-wajahnya mereka membawa sertifikat dan senyum semuanya," ujarnya.

Sertifikat tanah tersebut diberikan secara gratis kepada 10 ribu warga Jakarta Utara yang tersebar di 13 kelurahan. Secara simbolis, sertifikat diberikan kepada 12 warga.

(Baca Juga: Bagikan Sertifikat Tanah, Jokowi Kembali Tegaskan Dirinya Bukan PKI)

Tercatat ada sekitar 1,6 juta bidang tanah di Jakarta yang belum memiliki sertifikat. Tahun ini pemerintah pusat baru menerbitkan 332.000 sertifikat, sisanya bakal diterbitkan tahun depan.

Presiden Joko Widodo menitipkan pesan kepada masyarakat penerima sertifikat hak atas tanah untuk berhati-hati saat mengagunakan sertifikat untuk dana pinjaman.

"Tapi hati-hati kalau mau pinjam uang ke bank, tolong dihitung, tolong dikalkulasi bisa mengangsur nggak setiap bulan," kata Jokowi.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini