nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kronologi Penggusuran Gedung PAUD di Tamansari saat Murid Sedang Belajar

Badriyanto, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 06:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 19 338 1966032 kronologi-penggusuran-gedung-paud-di-tamansari-saat-murid-sedang-belajar-wN8O0Yd5Wz.jpg

JAKARTA - Camat Tamansari membongkar sebuah bangunan milik Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tunas Bina yang berada di Jalan Cengkeh, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Pasalnya, eksekusi penggusuran itu dilakukan saat puluhan murid yang mayoritas berusia 3-6 tahun masih sedang belajar.

Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta Syarif menjelaskan, penggusuran dilakukan pada Rabu 17 Oktober kemarin oleh pasukan Satpol PP atas perintah Camat Tamansari Firmanudin Ibrahim. Sebelum dieksekusi ia mengklaim sudah meminta Kepala Satpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu Purwoko untuk menahan anak buahnya.

"Pukul 09.30 WIB saya dikabari, saya telepon Pak Yani telepon supaya ditahan, sebelum kejadian rupanya sudah ada pernyataan dari Pak Yani kita tahan tidak jadi digusur," kata Syarif kepada Okezone, Jumat (19/10/2018).

Karena sudah aman akhirnya Syarif mengurungkan niatnya untuk cepat-cepat ke lokasi, ia melanjutkan memimpin rapat Komisi A DPRD DKI Jakarta. Tiba-tiba sebelum rapat rampung ia meneria informasi baru bahwa gedung PAUD itu sudah rata dengan tanah.

(Baca Juga: Gedung PAUD di Tamansari yang Dibongkar saat Siswa Belajar Jadi Viral)

Politikus Gerindra itu mengaku marah kepada Camat Firmanudin Ibrahim karena tidak mempertimbangkan anak-anak yang sedang belajar. Meski penggusuran itu harus dilakukan sebaiknya menunggu proses belajar mengajar rampung dan didahului dengan dialog yang baik antar pihak.

"Pukul 11.30 WIB, kemudian (Yani) WA ngasih kabar lagi sudah kejadian, sudah digusur. Tetapi saya tetap datang ke sana pukul 14.00 WIB sudah rata dengan tanah, saya marah lalu saya skors rapat, saya langsung jalan ke lokasi dan lihat sudah rata," pungkasnya.

(Baca Juga: Gusur PAUD saat Jam Belajar, Anies Copot Camat Tamansari)

Sebelumnya diberitakan Okezone, video penggusuran gedung PAUD itu viral di media sosial, terlihat beberapa murid dan guru mengangkut kursi dari dalam kelas alias karena gedungnya digusur.

Buntut dari pembongkaran gedung PAUD itu Gubernur Anies Baswedan sore harinya langsung mencopot Firmanudin dari posisi Camat Tamansari, Jakarta Barat, karena dianggap tidak menjalankan tugas sesuai ketentuan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini