nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telafest 2018, Ajang Unjuk Gigi Sekolah Dasar Berprestasi

Kamis 25 Oktober 2018 22:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 25 338 1969083 telafest-2018-ajang-unjuk-gigi-sekolah-dasar-berprestasi-cenkiWIgRa.jpg

JAKARTA - SD Islam Tugasku menyelenggarakan lomba olahraga dan seni dalam Event Elementary Festival. Kegiatan ini menjadi menarik karena memperebutkan piala bergilir Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Tugasku Elementary Festival (Telafest) yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Pada Telafest kedua ini tema yang diusung adalah “Dengan hidup sehat akan tumbuh kreativitas melalui peduli kebudayaan indonesia sebagai ciri generasi unggul.“

Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari, 21-22 dan 24 Oktober 2018 berlangsung di GOR Ciracas Jakarta Timur dengan cakupan peserta sekolah dasar negeri dan swasta serta sekolah luar biasa se-DKI Jakarta.

Festival ini menyajikan format kompetisi cabang Futsal, Permainan Tradisional, Tari Kreasi Tradisional untuk umum, cabang atletik dan Bocce untuk ABK, serta cabang Sola vokal dan Kreasi daur ulang untuk keduanya.

Cabang futsal pun terdiri dari 3 kategori yaitu U8, U10 dan U12 di mana masing-masing kategori diikuti 32 tim. Pertandingan Futsal ini dilaksanakan lebih awal selama 2 hari pada tanggal 21-22 Oktober bertempat di Kirana Kelapa Gading dan lapangan SDI Tugasku, Pulomas.

Puncak acara pada tanggal 24 Oktober 2018 berlangsung di GOR Ciracas, dengan pembukaan yang meriah dan semangat layaknya para atlet berdefile siap untuk bertanding. Acara ini resmi dibuka oleh Didih Hartaya selaku Kepala Bidang Sekolah Dasar dan PKLK Provinsi DKI Jakarta. Beliau sangat senang dan mengapresiasi kegiatan Telafest ini.

Terlebih SDI Tugasku mengusung perlombaan untuk PKLK (Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus memberikan ajang kepada anak-anak berkebutuhan khusus untuk terus berkreasi dan mengembangkan diri mereka.

Pembukaan yang diawali oleh tim marching SDI Tugasku asuhan Beno, dan Gambang Kromong SDN Pisangan Timur 11 di bawah asuhan Suhana selaku Kepala Sekolah, tari persembahan dari SDI Tugasku dan tak ketinggalan SMP Islam Tugasku juga memberikan penampilan yang luar biasa. Pengumuman pemenang futsal saat pembukaan menambah spirit tim lomba yang lain untuk segera bertanding pada hari itu. Pemenang futsal mendapatkan piala dan uang pembinaan untuk juara 1-3.

Perlombaan Kreasi daur ulang dilaksanakan di selasar tengah GOR berdekatan dengan perlombaan solo vokal, dilaksanakan di selasar di karenakan peserta yang cukup banyak untuk perlombaan tersebut. Banyak para peserta dan orangtua serta guru pendamping meneteskan air mata mereka melihat kehebatan anak-anak berkebutuhan khusus bernyanyi dengan merdunya dan berkreasi membuat sesuatu yang fungsional dari bahan koran dan majalah bekas.

Perlombaanlainnya pun tak kalah menarik. Atletik, Bocce dan Trilomba tradisional pun berjalan dengan lancar di lapangan utama GOR Ciracas.

Antusias dan semangat kompetisi dari semua peserta begitu terasa di sana. Soraksorai para pendukung, teman dan lawan pun terdengar sangat meriah dan sportif. Begitu juga lomba tari yang dilaksanakan di hall sangat meriah dan penampilan anak-anak yang hebat tersebut membuat juri kewalahan memberikan nilai.

Acara penutupan dilaksanakan setelah semua hasil lomba terkumpul. Konsep penutupan adalah moment pengapresiasian terhadap sang juara tak hanya pemberiaan piala dan juga medali namun juara 1 vokal umum (Keren dari SDS Bintang Cemerlang) dan juara 2 vokal ABK (Arsyabilla dari SLB Raniwala) tampil memperlihatkan bahwa merekalah sang juara.

Tarian penutup dipersembahkan dari SD Islam At Taubah, dengan tarian Reggang Pesisir meningkatkan gairah sportivitas dan solidaritas. Akhirnya SD Islam Tugasku harus rela piala bergilir berpindah kepada SDN Jatinegara Kaum 01 dengan perolehan juara 1 Trilomba, juara 1 art dan juara 2 art. Piala bergilir SLB pertama jatuh pada SLB Assyafi’iyah dengan perolehan Juara 1 Bocce Putri dan Juara 2 Bocce Putra.

Selamat untuk para juara dan sukses terus untuk semua peserta, panitia, sponsor dan panyandang dana yang sudah menyukseskan acara TELAFEST 2018. Kita nantikan TELAFEST 2020, akankah piala bergilir itu berpindah?

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini