Share

Waring Kali Item Dicopot, Anies: Itu Memang Bukan Solusi Hilangkan Bau

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 16 November 2018 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 16 338 1978729 waring-kali-item-dicopot-anies-itu-memang-bukan-solusi-hilangkan-bau-AahhnI67c7.jpg Kali Item ketika dipasang waring (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemasangam kain waring di Kali Item atau Kali Sentiong dicopot oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta setelah perhelatan Asian Games dan Asian Para Games selesai. Kini, aroma tak sedap kembali tercium dan menyengat di area tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengakui kalau pemasangan waring itu bukan sebuah solusi untuk mengurangi bau busuk akibat limbah pabrik di sana. Pihaknya sedang menyiapkan berbagai langkah untuk menghilangkan bau.

"Sekarang menyelesaikan polusi airnya, itu harus dibereskan. Sekarang sedang disiapkan untuk bisa menangani polusi airnya, harapannya warga tidak lagi mencium bau bukan karena ditutup tapi karena airnya bisa bersih," tuturnya di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).

(Baca Juga: Pemasangan Waring di Kali Item Habiskan Anggaran Sebesar Rp580 Jutaan)

Kali Item

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengaku telah menyuruh Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk membereskan sumber-sumber polutannya. Mereka harus memantau pembuangan sisa kegiatan produksi di daerah sekitarnya.

"Sumber-sumber polutannya yang harus dikelola, jangan jadikan sungai itu tempat pembuangan sisa- sisa kegiatan produksi. Misalnya tahu tempe ampasnya dibuang ke sungai," terangnya.

(Baca Juga: Bau Kali Item yang Mendunia Jelang Asian Games)

Kali Item

Anies bahkan mendapatkan laporan terkait banyak sampah-sampah berukuran besar yang terjaring saat hujan besar. Sehingga, Pemprov DKI Jakarta mengaku kerepotan untuk mengurusnya.

"Saya menemukan langsung kasur besar sekali, itu repot buangnya cari tempat sampah susah, pas hujan tinggi kasurnya dilempar ke sungai. Nah, polusi itu bukan hanya bau tapi juga polusi yang sifatnya cair dan solid jadi itu jadi penanganan kita," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini