Share

DPRD DKI Dukung Pencopotan Waring di Kali Item, Ini Alasannya

Arie Dwi Satrio, Okezone · Minggu 18 November 2018 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 18 338 1979395 dprd-dki-dukung-pencopotan-waring-di-kali-item-ini-alasannya-wPtsFz7poV.jpg Pemasangan Waring di Kali Item, Jakarta (foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mencopot kain waring yang dipasang di Kali Item atau Kali Sentiong usai perhelatan Asian Games dan Asian Para Games rampung dilaksanakan. Pemasangan waring di Kali Item sendiri sifatnya memang hanya sementara untuk mengurangi aroma bau disekitaran Wisma Atlet tempat pemondokan para kontingen asian Games.

DPRD DKI Jakarta mendukung pencopotan waring di Kali Item yang pada saat pemasangannnya menghabiskan anggaran sekira Rp580 juta. ‎Menurut Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI, Bestari Barus pemasangan waring sifatnya hanya sementara dan memang harus dicopot.

(Baca Juga: Waring Kali Item Dicopot, Anies: Itu Memang Bukan Solusi Hilangkan Bau) 

"Sudah diprediksi dari awal. Memang akan dicopot. (karena pemasangan waring) solusi sementara aja itu," kata Bestari saat dikonfirmasi Okezone, Minggu (18/11/2018).

Menurut Bestari pihak Pemprov DKI harus tetap mencaro cara lain untuk mengatasi persoalan di kali-kali yang ada di Jakarta. Dia meminta agar Gubernur ‎DKI Anies Baswedan jangan hanya memikirkan solusi untuk sungai di Jakarta yang bersifat sementara.

"Gubernur harus mampu bertindak untuk merapikan persoalan di Hulu sungai. Solusi yang akademik. Jangan yang sementara terus," terangnya.

Sebelumnya, Anies Rasyid Baswedan mengakui, pemasangan waring di Kali Item sifatnya hanya sementara selama digelarnya Asian Games dan Asian Para Games 2018. Anies pun sedang merencanakan untuk menyelesaikan permasalahan polusi air di Kali Item yang namanya sempat mendunia karena baunya.

"Sekarang menyelesaikan polusi airnya. Itu yang harus dibereskan. Sekarabg sedang disiapkan untuk bisa menangani polusi airnya, harapannya warga tidak lagi mencium bau bukan karena ditutupi tapi karena airnya bersih," kata Anies, pada Jumat 16 November 2018.

(Baca Juga: Pemasangan Waring di Kali Item Habiskan Anggaran Sebesar Rp580 Jutaan)

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini