nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Warga Binaan Rutan Cilodong Depok Gelar Maulid Nabi

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 16:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 20 338 1980297 ratusan-warga-binaan-rutan-cilodong-depok-gelar-maulid-nabi-i9F2L2wvcO.jpg Napi gelar Maulid Nabi (Foto: Wahyu/Okezone)

DEPOK - Rutan Kelas II B Cilodong Depok menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Baitul Rachman. Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan warga binaan guna mengikuti tausiah dan shalawat.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas II B Cilodong Depok Bawono Ika Sutomo mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini digelar secara serentak di seluruh Lapas dan Rutan di Indonesia. Ratusan warga binaan yang hadir nampak secara khusuk mendengarkan tausiah dan shalawat bersama Ustaz Abu Dais.

"Hari ini kita turut melaksanakan tausiyah dan shalawat untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Jadi warga binaan yang beragama Islam itu bisa ikut merayakan seperti umat Islam lainnya," kata Bawono di Rutan Cilodong Depok, Selasa (20/11/2018).

Baca Juga: Mengenal 5 Tradisi Perayan Maulid Nabi di Sejumlah Daerah

Maulid Nabi

Dia menjelaskan, peringatan Maulid Nabi merupakan kegiatan dengan hasil kerja sama rutan Depok dengan Yayasan At-Taubah, dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Baitul Rachman. Menurut Bawono kegiatan agama seperti hari raya umat Islam dan maulid Nabi kerap kali dilakukan oleh sebanyak 380 warga binaan yang menjadi santri.

"Kegiatan ini dibantu DKM Masjid Baitul Rachman, mereka juga termasuk warga binaan kita. Alhamdulillah sekarang jumlah santri kita ada 380, mereka dibina secara keagamaan agar ketika kembali ke masyarakat bisa bersosialisasi," imbunya.

Dalam ceramahnya, Ustaz Abu Dais menyampaikan tausiah dan memimpin shalawat. Ia mengimbau agar para warga binaan rutan depok dapat mengikuti dan meneladani Nabi Muhammad SAW.

Tak hanya agar dapat diterima oleh masyarakat luas, Bawono berharap tausiah yang disampaikan Ustaz Abu berpesan agar kelak warga binaan dapat merubah stigma buruk bekas narapidana.

Maulid Nabi

Menurutnya sampai sekarang stigma bekas narapidana sebagai orang jahat masih melekat di masyarakat, sekalipun narapidana telah menjalani masa tahanan dan dibina.

"Stigma di masyarakat itu masih memandang bekas narapidana itu sebagai orang jahat. Nah ketika keluar nanti diharapkan mereka dapat membantu merubah stigma ini," tutupnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini