Enggan Tanggapi soal 2025 Jakarta Tenggelam, Ini Langkah yang Dilakukan Anies

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 22 November 2018 02:55 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 338 1980970 enggan-tanggapi-soal-2025-jakarta-tenggelam-ini-langkah-yang-dilakukan-anies-IvZvwpMtCB.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan enggan menanggapai prediksi calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, yang menyebut beberapa daratan di Ibu Kota akan tenggelam pada 2025.

"Saya enggak komentar soal ramalan. Saya menyiapkan tentang program yang memang sudah direncanakan oleh pemerintah," kata Anies di Jakarta, Rabu 21 November 2018.

Anies menyebut telah memiliki langkah jitu dalam mencegah tenggelamnya beberapa wilayah Ibu Kota pada 2025. Pemprov DKI merencanakan membangun drainase vertikal sebagai tempat penampungan saat musim hujan.

"Sekarang kita masif menyiapkan drainase vertikal. Harapannya pada saat musim penghujan kita membantu untuk mengisi tanah-tanah kita dengan air yang cukup," jelasnya.

Selain itu, lanjut Anies, Pemprov DKI akan mendukung pemerintah pusat untuk membuat tanggul raksasa di tengah pantai. Salah satunya membangun National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Anies mengakui kalau tanah di pesisir utara Jakarta setiap tahunnya mengalami penurunan akibat ulah masyarakat yang gemar mengonsumsi air tanah untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan kegiatan usaha.

Menurut dia, pembuatan drainase vertikal merupaka solusi yang paling efektif. Selain itu, ia mengimbau warga DKI agar mengurangi pemakaian air tanah.

"Selama pengambilan air tanah terus dilakukan dan air tidak dimasukkan ke dalam tanah maka kita juga akan merasakan penurunan," ujarnya.

Sebelumnya, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan air laut dari Tanjung Priok akan sampai ke kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Istana Negara pada 2025. Hal itu, menurut dia, terjadi karena perubahan iklim yang saat ini semakin parah terjadi.

"Diperkirakan air Tanjung Priok 2025 akan sampai pada (Hotel) Kempinski, Grand Hyatt. Bundaran HI, kenaikan air ini," kata Prabowo ketika menjadi pembicara di Economic Forum, Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini