Pemprov DKI Ingin Berlakukan ERP ke Motor, Ini Tanggapan Ketua DPRD

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 22 November 2018 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 338 1981438 pemprov-dki-ingin-berlakukan-erp-ke-motor-ini-tanggapan-ketua-dprd-Cad2n8SAQ5.jpg Motor (Okezone)

JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyatakan bakal mendukung langkah Pemprov DKI Jakarta terkait penerapan sistem electronic road pricing (ERP) atau jalan berbayar untuk kendaraan sepeda motor di beberapa wilayah Ibu Kota.

Menurut Prasetyo, kebijakan itu diterapkan agar pengguna sepeda motor pribadi berpindah menggunakan angkutan massal.

 Baca juga: Pemprov DKI Tunda Uji Coba Sistem Jalan Berbayar

"Jadi gini (saya) harus obyektif memandang itu pemerintah sedang bangun transportasi massal ada namanya MRT, LRT, busway nah pemerintah harus berpikir bagaimana pembayaran masyarakat untuk naik ke situ," kata Prasetio di gedung DPRD, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018).

 Jalan Sudirman

Politikus PDIP itu mengimbau agar Pemprov DKI memikirkan tarif transportasi umum. Ia meminta agar dikenakan harga yang murah, sehingga bisa memicu masyarakat beralih ke kendaraan umum.

"Tapi jangan kemahalan harus yang bijak supaya orang lari ke situ," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, di negara lain masyarakatnya sudah berpindah ke moda transportasi massal, karena pemerintah membangun fasilitas transportasi yang baik.

 Baca juga: Sandiaga: Sistem ERP Sudah Dijalankan di Negara Lain dan Sukses

Ia berharap masyarakat nantinya bisa menikmati fasilitas transportasi massal yang dibangun pemerintah.

"Bagaimana mengurai macet? Cuman itu caranya. Akhirnya uang masyarakat bisa disimpan buat kepentingan lain," jelasnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta berencana menerapkan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) kepada motor yang melintas di beberapa wilayah Ibu Kota.

 Baca juga: Sandiaga Sebut Sistem ERP Bakal Diterapkan pada 2019

"Dalam dokumen penawaran dinyatakan seperti itu, menjadi bagian yang dievaluasi untuk roda dua," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di DPRD DKI Jakarta, hari ini.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini